Dark/Light Mode

Mulai Besok, BI Buka Kembali Layanan Penukaran Uang Rusak

Rabu, 11 November 2020 11:05 WIB
Bank Indonesia buka kembali layanan penukaran uang rusak untuk masyarakat.
Bank Indonesia buka kembali layanan penukaran uang rusak untuk masyarakat.

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Indonesia (BI) membuka kembali layanan penukaran uang rupiah rusak, mulai Kamis (12/11) di Kantor Pusat dan Kantor Perwakilan BI di seluruh Indonesia. 

Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Onny Widjanarko mengatakan, penukaran uang rusak akan dibuka setiap hari Kamis, Pukul 08.00-11.30 WIB di loket layanan BI. 

"Layanan penukaran uang rusak merupakan upaya BI dalam memastikan ketersediaan uang rupiah yang layak edar di masyarakat, dengan tetap menerapkan protokol pencegahan Covid-19," ujar Onny dalam keterangan, Rabu (11/11).

Baca juga : Ketua KPK: Dua Kepala Daerah Akan Ditahan Pekan Depan

Adapun kriteria uang rupiah kertas dan logam rusak yang bisa ditukar sesuai dengan nilai nominal yang berlaku. 

Pertama, Uang rupiah kertas.  Duit rupiah ini dalam keadaan fisik uang lebih besar dari 2/3 ukuran aslinya dan terbukti keasliannya, bisa ditukar sesuai dengan nilai nominalnya. 

Uang rupiah kertas ini juga masih merupakan satu kesatuan dengan atau tanpa nomor seri yang lengkap. 

Baca juga : MPR Akan Gelar Konferensi Nasional II Etika Kehidupan Berbangsa

Kalau uang rupiah kertas tidak merupakan satu kesatuan dan nomor seri pada uang rupiah rusak tersebut lengkap dan sama juga dapat ditukarkan.

Namun apabila fisik uang rupiah kertas mengalami kerusakan sehingga ukrannya sama dan kurang dari 2/3 ukuran aslinya, tidak akan diberikan penggantian.

Kedua, uang logam. Dalam hal fisik uang rupiah logam lebih besar dari 1/2 ukuran aslinya dan terbukti keasliannya, akan diberikan penggantian. 

Baca juga : Luas Tanam Padi Meningkat, Kementan Berikan Penghargaan Untuk Purwakarta

Namun, kalau ukuran fisik uang rupiah logam sama dengan atau kurang dari 1/2 ukuran aslinya, tidak bisa memberi penggantian 

Untuk menukarkan uang rupiah rusak ke BI, masyarakat cukup membawa uang rupiah rusak yang masih memenuhi persyaratan ke Kantor BI sesuai jadwal layanan. 

BI juga mengimbau masyarakat yang akan melakukan penukaran untuk tetap menjalankan protokol Covid-19. [DWI]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.