Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sandiaga Uno Bagikan Tips Usaha Kopi Di Tengah Pandemi

Sabtu, 14 November 2020 13:03 WIB
Sandiaga Uno. (Foto: ist)
Sandiaga Uno. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bisnis industri kopi tengah digandrungi kaum milenial. Ini menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan. 

Tak ayal jika Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno mengundang CEO Maka Group & Founder Kopi Tuku, Andanu Prasetyo dalam webinar Duta Ekonomi Digital “Cari Seller Digital Terbaik”.

Andanu, diakui Sandi merupakan sosok pengusaha dengan segudang ide. Ide-idenya cemerlang. Dia tidak kehabisan akal merubah strategi marketing usahanya. Yang biasanya dijajakan untuk konsumen kongkow-kongkow, kini mulai dikembangkan dengan pemasaran digital.

Baca juga : KAI Terus Berupaya Jadi Solusi Di Tengah Pandemi Corona

"Dibutuhkan strategi khusus terutama di dunia digital agar bisa dapat bertahan di masa krisis pandemi ini," kata Sandi dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu (14/11).

Di masa pandemi ini industri kecil menengah (IKM) kopi adalah salah satu industri yang terdampak. Para pelaku IKM kopi banyak yang mengalami penurunan penjualan.

Terlebih dengan adanya pembatasan ruang gerak manusia, serta penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa daerah. Sehingga kafe, restoran, dan gerai kopi harus tutup.

Baca juga : Bantu Penanganan Covid-19, Danone Diganjar Penghargaan Kemenkes

Meski begitu, untuk mewujudkan pemasaran digital masih banyak tantangan yang perlu dihadapi. Seperti cyber security, persaingan yang semakin ketat, pembangunan sumber daya manusia, ketersediaan akses internet yang mumpuni, dan regulasi yang belum mengikuti perkembangan zaman.

"Karena itu dibutuhkan banyak pengembangan pengetahuan ekonomi digital. Terutama pada pembangunan SDM dan strategi agar sukses berbisnis di dunia digital, ujarnya.

Di kesempatan sama, Andanu mengatakan, media sosial sangat membantu dalam memasarkan produk kopinya. Tidak hanya itu, interaksi dengan pelanggan juga seperti saudara. Karena dia percaya pelanggan adalah orang yang paling mampu membantu menginformasikan seputar Kopi Tuku.

Baca juga : Digitalisasi Mampu Majukan UMKM Di Tengah Pandemi

"Tidak  ekslusif dan terus melakukan inovasi adalah kunci di masa pandemi," usulnya. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.