Dark/Light Mode

BPSDM Perhubungan Dorong Inovasi dan Teknologi Saat Pandemi

Jumat, 6 November 2020 16:51 WIB
Kepala BPSDM Perhubungan, Sugihardjo dalam rapat koordinasi teknis di Yogyakarta, Jumat (6/11).
Kepala BPSDM Perhubungan, Sugihardjo dalam rapat koordinasi teknis di Yogyakarta, Jumat (6/11).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekolah Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Perhubungan Udara melakukan inovasi dengan teknologi virtual reality. Pendidikan jarak jauh ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas SDM Udara di masa pandemi. 

"Saya mengapresiasi inovasi yang diciptakan oleh sekolah PPSDM Perhubungan Udara yaitu teknologi virtual reality. Pendidikan jarak jauh ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas SDM," kata Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan Sugihardjo dalam rapat koordinasi teknis di Yogyakarta, Jumat (6/11).

Menurutnya, kebutuhan SDM di transportasi udara sangat banyak. Keperluan SDM bidang udara sangat tinggi dan potensinya besar karena banyaknya pulau di Indonesia. 

Baca juga : Batik Perkuat Diplomasi Dan Ekonomi

“Dengan adanya standar internasional dipastikan SDM akan lebih siap bersaing," ujarnya.

Selain itu, Sugihardjo menilai, inovasi pendidikan di sektor perhubungan sangat dibutuhkan. Apalagi, saat ini, BPSDM Perhubungan lagi fokus ke pengembangan vokasi yang diharapakan bisa tercapai. 

Misalnya, peningkatan presentase serapan lulusan, kualitas lulusan untuk bersaing di pasar internasional, prodi dan kurikulum yang lebih adaptif pada kebutuhan pasar, peningkatan akreditasi, peningkatan relevansi dan daya saing lembaga diklat, link and match antara diklat, kompetensi dan kebutuhan pasar terkini, serta peningkatan jumlah publikasi jurnal ilmiah nasional dan internasional.

Baca juga : Bamsoet Dorong Pemerintah Manfaatkan Teknologi Drone Untuk Pertahanan

"Menciptakan lulusan yang kompeten dan berdaya saing serta sesuai dengan kebutuhan industri menjadi penting dilakukan di masa pandemi," ujarnya.

Kepala PPSDM Perhubungan Udara, Heri Sudarmaji terus berupaya melakukan pembenahan untuk menuju smart campus guna mewujudkan lembaga pendidikan dan pelatihan world class.

"Peningkatan organisasi dan kelembagaan terus digenjot agar dapat memenuhi kualitas dan kuantitas SDM transportasi udara berdasarkan kebutuhan regulator, operator dan industri penerbangan," jelasnya.

Baca juga : China dan ASEAN Kerja Sama Pulihkan Ekonomi

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan peningkatan kerja sama antara Asosiasi Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan Indonesia (Aldikapi) dengan PPSDM Perhubungan Udara.[KPJ]


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.