Dark/Light Mode

Bareng Shopee, Sinarmas Latih Pelaku UMKM Go Online

Selasa, 17 Nopember 2020 06:50 WIB
Ilustrasi. (Foto/Ist)
Ilustrasi. (Foto/Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Otoritas Jasa Keuangan ikut mendukung program pelatihan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) yang dijalankan bank Sinarmas bareng Shopee.

Program pelatihan dalam suasana bulan inklusi keuangan ini digelar via zoom dan live streaming di kanal youtube Bank Sinarmas.

Kepala OJK Regional IV Bambang Mukti Riyadi mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya krisis kali ini mengajarkan bahwa perbankan dan pelaku usaha harus berjalan beriringan.

"Saat ini dibutuhkan sikap kita dalam merespon situasi yakni go online bukan menjadi sebuah pilihan tetapi keharusan," tutur Bambang dalam keterangan pers.

Baca Juga : Anies Merasa Tidak Bersalah

Enterprise and Retail Banking Director Bank Sinarmas, Johnny Mailoa menjelaskan, pelatihan UMKM Go Online ini bertujuan untuk mendukung peningkatan penjualan produk UMKM.

Berbagai keterampilan strategi perlu disiapkan dalam menghadapi kondisi pandemi yang tak bisa dipastikan kapan berakhirnya. Peserta merupakan bagian dari nasabah bank Sinarmas.

"Selain mengadakan pelatihan untuk edukasi, Bank Sinarmas juga menyediakan kemudahan dalam bertransaksi yang aman dan nyaman bagi para pelaku UMKM dengan menggunakan aplikasi Mobile banking SimobiPlus” ungkap Johnny Mailoa.

Head of Public Policy & Government Relations Shopee Indonesia Radityo Triatmojo, mengatakan dalam situasi pandemi ini diperlukan dorongan dari perusahaan untuk ikut membantu perkembangan usaha lokal.

Baca Juga : Tekan Impor, Pembangunan Food Estate Harus Terintegrasi

"Kolaborasi antara Shopee dan Bank Sinarmas ini juga ada kesamaan tujuan salah satunya ikut membantu menggerakkan roda ekonomi," katanya.

Tim Kampus Shopee, juga dikerahkan untuk ikut memberikan pelatihan agar bisa membantu pelaku UMKM. Mereka ikut membantu mengembangkan bisnis ke ranah online melalui Shopee sebagai salah satu cara bertahan di kondisi pandemi saat ini.

Micro and Small Business Group Head Sinarmas Muktiono Wibowo memaparkan dalam pelatihan tersebut disajikan berbagai materi. Pemaparan juga dilakukan oleh Shopee.

Dijelaskan juga mengenai kondisi UMKM di Indonesia serta berbagai produk pembiayaan yang ada di Bank Sinarmas.

Baca Juga : Elektabilitas DS-Sahrul Tertinggi Dari 3 Paslon

"Peserta pelatihan merupakan pelaku UMKM baik nasabah maupun non nasabah Bank Sinarmas di wilayah Jawa Timur," pungkasnya. [JAR]