Dark/Light Mode

Dihadapan Komisi XI DPR

PLN Kantongi Suntikan Modal Negara Rp 5 Triliun, Ini Yang Akan Dikerjakan...

Rabu, 18 November 2020 20:10 WIB
Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan komisi XI di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (18/11).
Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan komisi XI di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (18/11).

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan komisi XI di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (18/11).

Dalam rapat tersebut, Zulkifli menjelaskan selain upaya peningkatan pendapatan dan efisiensi, PLN juga gencar melaksanakan program listrik desa, termasuk pembangkit Energi Baru Terbarukan (EBT) & penunjang program listrik desa.

"Dukungan dari Penyertaan Modal Negara (PMN) juga menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan kinerja keuangan dan juga untuk pembiayaan belanja modal di proyek-proyek ini," kata Zulkifli.

Dana PMN, lanjutnya, juga akan digunakan untuk mendanai pembiayaan infrastruktur ketenagalistrikan lainnya, khususnya untuk peningkatan rasio elektrifikasi.

Baca juga : Sri Mulyani Senang Banget

Sesuai Undang-Undang APBN No. 9 Tahun 2020 yang ditetapkan tanggal 27 Oktober 2020, PMN yang diberikan kepada PLN untuk tahun 2021 sebesar Rp 5 Triliun.

Adapun sekitar Rp 2 Triliun digunakan untuk pembangunan transmisi dan gardu induk dan Rp 3 Triliun digunakan untuk jaringan distribusi, termasuk pembangkit EBT listrik desa penunjang program listrik desa.

Dalam RDP tersebut, PLN juga memaparkan Terkait Kajian Kelayakan Proyek dan Dampak Ekonomi dan Sosial, PMN Tahun Anggaran 2021 ini akan memberikan dampak tidak hanya bagi PLN, tetapi juga bagi masyarakat, manfaat PMN ini antara lain:

a. Meningkatkan pemerataan akses ketersedian listrik bagi rakyat (program peningkatan rasio elektrifikasi).

Baca juga : Sepekan Virtual Home Training, Ini Yang Dirasakan Jack Brown Dan Kanu

b. Selain itu juga akan menciptakan multiplier effect melalui peningkatkan penyerapan tenaga kerja, peningkatan pembayaran pajak, peningkatan ekonomi sektor riil, sehingga dapat menjadi daya dorong pertumbuhan perekonomian daerah/nasional.

c. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia sehubungan peningkatan aktivitas produksi, perdagangan, maupun kegiatan masyarakat lainnya.

"Hasil kajian PLN dengan Perguruan Tinggi menunjukkan bahwa pembangunan beberapa proyek PLN yang dibantu oleh PMN memiliki pengaruh yang positif (“+” development impact),' kata Zulkifli.

Setiap Rp 1 Triliun PMN memberikan dampak multiplier terhadap Output Nasional sebesar 2,69 (dua koma enam puluh sembilan).

Baca juga : Komisi X DPR: Pustakawan Adalah Pekerjaan Keren

Diantaranya, terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) adalah 1,41 (satu koma empat puluh satu) dan Penyerapan Tenaga Kerja sekitar 14.048 (empat belas ribu empat puluh delapan) tenaga kerja," tegasnya. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.