Dark/Light Mode

SG Suplai 40 Ribu Ton Semen Untuk Proyek Jakarta International Stadium

Senin, 23 November 2020 22:36 WIB
Pembangunan Jakarta International Stadium yang menggunakan produk unggulan Semen Gresik, Ultrapro. (Foto: Dok. SG)
Pembangunan Jakarta International Stadium yang menggunakan produk unggulan Semen Gresik, Ultrapro. (Foto: Dok. SG)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Semen Gresik (SG) menyuplai 40 ribu ton bahan baku untuk pembangunan Jakarta International Stadium (JIS). Senior Vice President (SVP) of Sales SIG Rahman Kurniawan mengatakan, pihaknya memasok kebutuhan bahan baku untuk pembangunan JIS sejak Januari 2020.

"Kami mengestimasi pekerjaan akan selesai pada Juni 2021. Namun, kemungkinan besar jumlah semen yang disuplai akan bertambah menjadi sekitar 60 ribu ton," kata Rahman, dalam siaran persnya, Senin (23/11).

Baca juga : Pertamina Hadirkan Promo Pertalite di Jakarta Barat, Selatan dan Timur

Rahman menjelaskan, proyek Jakarta International Stadium dibangun di atas lahan seluas 221 ribu meter persegi dan berkapasitas 82 ribu penonton dengan konsep green building serta dilengkapi atap stadion yang bisa dibuka-tutup secara otomatis. Semen Gresik berperan dalam pembangunan pondasi dan juga tiang pancang Jakarta International Stadium dengan menggunakan produk semen UltraPro yaitu jenis semen Ordinary Portland Cement (OPC) atau tipe I. 

Semen UltraPro produksi Semen Gresik merupakan semen hidrolis yang memadukan kemudahan pengerjaan dan hasil akhir dengan kekuatan maksimal. Sehingga cocok untuk konstruksi kokoh yang membutuhkan kuat tekan awal dan akhir yang tinggi.

Baca juga : Di Tengah Pandemi, Indonesia Ikut Pameran Impor Internasional Shanghai

Hal ini menjadi pertimbangan principal sub kontraktor Jakarta International Stadium memilih semen UltraPro. Sebab, spesifikasi pondasi dan tiang pancang stadion bertaraf Eropa itu membutuhkan bahan baku yang kuat tekan awal dan akhir yang tinggi, waktu pengeringan yang optimal, dan hasil akhir yang kokoh. “Sampai sejauh ini pengerjaan pondasi dan tiang pancang Jakarta International Stadium sudah mencapai sekitar 60 persen," kata Rahman.

Selain proyek Jakarta International Stadium, Anak usaha dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk ini juga turut terlibat dalam beberapa proyek monumental lainnya. Seperti dalam renovasi Masjid Istiqlal, pembangunan jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Tol Trans Jawa, Bandara Soekarno-Hatta, Bandara New Yogyakarta International Airport, Tol Pandaan Malang, dan sebagainya. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.