Dark/Light Mode

Dukung Deklarasi Pengemudi Truk Pelopor Keselamatan

IPC Budayakan Keselamatan Kerja Tanpa Kecelakaan

Senin, 18 Maret 2019 10:36 WIB
Direktur Utama IPC, Elvyn G. Masassya. (Foto : twitter@indonesiaport)
Direktur Utama IPC, Elvyn G. Masassya. (Foto : twitter@indonesiaport)

RM.id  Rakyat Merdeka - Keselamatan kerja dengan komitmen zero accident di seluruh aktivitas pelabuhan menjadi prioritas PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC. Untuk mendukung itu, IPC menggandeng para pemangku kepentingan di pelabuhan membangun budaya kesadaran pentingnya keselamatan kerja.

"IPC berkepentingan menjaga komitmen zero accident dengan memperkuat kultur “Work Safety for Zero Accident”, serta melakukan digitalisasi di semua aktivitas dan operasional,” kata Direktur Utama IPC, Elvyn G. Masassya dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (18/3) seperti dikutip antara.

Baca juga : Data Sampel BPJS Kesehatan Mudahkan Akses Data Bagi Masyarakat

Elvyn menjelaskan, nihil kecelakaan merupakan salah satu indikator yang harus dipenuhi untuk menjadi pelabuhan kelas dunia. “Bahkan di lingkungan internal IPC Grup, kami telah menandatangani komitmen zero accident. Kami berkepentingan memastikan keselamatan dan keamanan aktivitas di pelabuhan,” ujarnya.

Menurut Elvyn, di era baru pelabuhan, IPC dan para pelaku bisnis di pelabuhan memiliki tanggung jawab untuk memastikan risiko, waktu pelayanan dan biaya operasional yang dikeluarkan pengguna jasa di pelabuhan dapat semakin efisien sehingga meningkatkan kualitas pelayanan serta dapat mendukung program pemerintah menurunkan biaya logistik.

Baca juga : Bantu Korban Banjir Sentani, Freeport Kirim Tim

Risiko ini termasuk di dalamnya risiko kecelakaan dan keselamatan kerja. Oleh karena itu, IPC mendukung Deklarasi Pengemudi Truk Pelopor Keselamatan, guna membangun kesadaran akan pentingnya keselamatan dalam mengemudikan kendaraan, terutama truk angkutan barang.

Tuntutan ini sejalan dengan pembangunan budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang telah diimplementasikan IPC sebagai bagian dari upaya meningkatkan produktivitas dan daya saing bangsa.

Baca juga : Line Today Cegah Milenial Apatis Di Pemilu 2019

Sekitar 10 ribu pengusaha dan pengemudi truk angkutan barang Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) mengikuti kegiatan Deklarasi Pengemudi Truk Pelopor Keselamatan di Terminal JICT Pelabuhan Tanjung Priok.

Deklarasi tersebut dihadiri Presiden RI Joko Widodo beserta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Presiden dalam sambutannya mengatakan bahwa peran pengemudi penting dalam mendistribusikan barang, karena kalau tidak ada pengemudi maka masyarakat akan kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.