Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Angkasa Pura I Raih Anugerah BUMN Informatif Dari Komisi Informasi

Kamis, 26 November 2020 10:41 WIB
Wakil Presiden Republik Indonesia Ma`ruf Amin (kiri) bersama Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi pada acara virtual Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2020, Rabu (25/11/2020). (Dok. Angkasa Pura I)
Wakil Presiden Republik Indonesia Ma`ruf Amin (kiri) bersama Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi pada acara virtual Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2020, Rabu (25/11/2020). (Dok. Angkasa Pura I)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura I (Persero) meraih penghargaan sebagai BUMN Informatif dengan nilai 90,72 dari Komisi Informasi Pusat pada ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik.

Status klasifikasi "Informatif" merupakan status penghargaan terbaik bagi badan publik yang menyelenggarakan layanan informasi publik. Adapun klasifikasi lainnya yaitu "Menuju Informatif", "Cukup Informatif", "Kurang Informatif", dan "Tidak Informatif".

Penghargaan tersebut diumumkan dan diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin kepada Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi secara virtual pada acara Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2020 Rabu 25 November 2020.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi menegaskan, sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pewujudan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih melalui keterbukaan informasi publik, Angkasa Pura I senantiasa melakukan perbaikan berkelanjutan dalam implementasi layanan informasi publik.

Selain melakukan pengembangan kompetensi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi lanjut Faik, Angkasa Pura I juga melakukan inovasi seperti optimalisasi media digital untuk layanan informasi publik ini. 

Baca juga : Badan Publik Informatif Dan Top Inovasi Pelayanan Publik

"Kami berterima kasih kepada Komisi Informasi Pusat dan pemangku kepentingan terkait atas apresiasinya terhadap upaya kami dalam memberikan layanan informasi publik," ujar Faik.

Menurutnya, penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap para Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi dan pegawai Angkasa Pura I yang turut berkontribusi terhadap layanan informasi publik Angkasa Pura I yang handal.

"Semoga penghargaan ini dapat menjadi penyemangat bagi PPID dan pegawai terkait layanan informasi publik Angkasa Pura I untuk dapat memberikan layanan informasi publik yang lebih baik lagi," ujar Faik Fahmi.

Adapun inovasi layanan informasi publik Angkasa Pura I terkait optimalisasi media digital yaitu:

1. Pembuatan website khusus layanan informasi publik dengan alamat ppid.ap1.co.id yang terintegrasi dengan website utama ap1.co.id.

Baca juga : Pelindo III Sabet Anugerah Tertinggi Keterbukaan Informasi Publik

2. Optimalisasi fitur permohonan informasi online melalui website yang terintegrasi dengan email khusus PPID

3. Pembuatan video animasi tutorial permohonan informasi yang dapat diakses pada website.

4. Aktivasi media sosial yang menarik yakni mengedepankan konten-konten yang kreatif, informatif, dan edukatif, yang mana mampu meningkatkan follower hingga 18.000 selama 8 bulan terakhir.

5. Optimalisasi media-media seperti giant wall sebagai media informasi perkembangan perusahaan.

6. Dalam kaitannya dengan kolaborasi dengan instansi serta publik dalam proses penyedaan, pelayanan, hingga penyebarluasan informasi, selama Januari hingga Agustus 2020 sudah ada 40 konten kolaborasi bersama 14 instansi dan lembaga sosial.

Baca juga : TASPEN Raih Dua Penghargaan, Badan Publik Informatif Dan Top Inovasi Pelayanan Publik

Ke depannya, untuk mendukung pengembangan layanan informasi publik perusahaan, akan dibuat aplikasi mobile agar semakin memudahkan publik dalam melakukan permohonan informasi ke Angkasa Pura I. [JAR]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.