Dark/Light Mode

Kolaborasi PCP Express dan Janio Garap Pasar Logistik Asia Tenggara

Kamis, 26 November 2020 12:16 WIB
CEO PCP Express Dennis P Soemarno (kedua dari kanan) dan COO Janio Syed Ali Ridha Madihid (kedua dari kiri) didampingi oleh Commercial Director PCP Express Eriawan Effendi (kanan) dan  General Manager Janio Indonesia Widiatmoko dalam acara media briefing kerja sama PCP Express dan Janio menyediakan layanan logistik untuk UMKM Indonesia jangkau ekspor, Kamis (26/11). (Foto: Istimewa)
CEO PCP Express Dennis P Soemarno (kedua dari kanan) dan COO Janio Syed Ali Ridha Madihid (kedua dari kiri) didampingi oleh Commercial Director PCP Express Eriawan Effendi (kanan) dan General Manager Janio Indonesia Widiatmoko dalam acara media briefing kerja sama PCP Express dan Janio menyediakan layanan logistik untuk UMKM Indonesia jangkau ekspor, Kamis (26/11). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Janio, platform jasa logistik lintas negara membuka peluang bagi e-commerce Tanah Air mengirimkan produknya ke pasar Asia Tenggara.

Mendorong upaya ini, Janio berkolaborasi dengan PCP Express yang membidik pasar ekspor bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Terutama di tengah pandemi Covid-19, booming e-commerce membawa berkah bagi industri logistik.

Baca juga : Kolaborasi Dengan ADB, OJK Rilis Aplikasi Lokasiku

Sejumlah perusahaan logistik memanfaatkan momentum booming e-commerce untuk melakukan ekspansi. Data RedSeer menunjukkan, bisnis jasa logistik selama pandemi Covid-19 tumbuh hingga 100 persen, bahkan mencapai puncak tertinggi sepanjang September 2020 dengan pertumbuhan hampir 400 persen.

Hal ini sejalan dengan pertumbuhan penggunaan layanan e-commerce dan marketplace yang meningkat 69 persen selama masa pandemi di Indonesia.

Baca juga : LPEI Sediakan Pembiayaan Ekspor Bagi UKM

Chief Operating Officer (COO) Janio Syed Ali Ridha Madihid mengatakan, sebagai startup yang melayani logistik lintas negara, Janio meyakini pertumbuhan transaksi digital di Asia Tenggara akan membawa berkah bagi pebisnis UMKM Indonesia.

Dirinya optimistis tren volume pengiriman barang ekspor akan terus tumbuh seiring dengan pemulihan ekonomi global pasca pandemi. Setelah Singapura dan Malaysia, Janio akan menambahkan rute perdagangan ekspor kerja sama ini ke negara lainnya seperti Australia, Amerika Serikat (AS), Thailand, Hong Kong, dan lainnya.

Baca juga : Kasus Korupsi Pengadaan Barang Dan Jasa, KPK Garap Sekda Lamsel Thamrin

Saat ini jaringan Janio sudah mencakup 75 rute perdagangan di 15 negara. “Pasar ekspor Indonesia akan terus tumbuh karena e-commerce Indonesia berkonstribusi 50 persen dari pasar ekonomi digital Asia Tenggara yang terus membesar,” katanya di Jakarta, Kamis (26/11).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.