Dark/Light Mode

Didukung KB Kookmin Bank

Bukopin Mampu Kumpulkan Dana Nasabah Dari Korsel Rp 1,6 Triliun

Selasa, 1 Desember 2020 09:15 WIB
Didukung KB Kookmin Bank Bukopin Mampu Kumpulkan Dana Nasabah Dari Korsel Rp 1,6 Triliun

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam kondisi pandemi Covid-19 PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) mampu meraih hasil positif. Bukopin mampu mencatat pembukaan rekening baru hingga Rp 1,6 triliun untuk bulan November 2020.

Direktur Utama Bank Bukopin Rivan A. Purwantono mengungkapkan capaian tersebut tak lepas dari peran bank asal Korea Selatan, KB Kookmin Bank yang telah menjadi Pemegang Saham Pengendali.

"Hanya 2 bulan, dana simpanan dari pembukaan rekening asal perusahaan Korea Selatan (Korsel) dan individu sudah Rp 1,6 triliun per November. Ini tentunya supports yang luar biasa dimana perubahan baru langsung mendapatkan kepercayaan dari nasabah Kookmin Bank yang menjadi pemegang saham pengendali (PSP)," tutur Rivan di sela webinar Perkembangan Kinerja dan Strategi Bank Bukopin.

Dia menegaskan, tren positif itu tidak lepas dari kemampuan bisnis KB Kookmin Bank yang telah terbukti. Sehingga, perseroan menilai kerjasama ini sebagai kesempatan baik untuk dilakukannya transformasi secara menyeluruh yang didukung dan didampingi oleh KB Kookmin Bank.

Baca juga : PGN Bukukan Pendapatan Rp 31,5 Triliun

"Kami belajar banyak dari kesuksesan mereka dalam melakukan transformasi di KB sendiri di tahun 2001, tetap stabil melalui krisis ekonomi, sehingga berhasil menjadi bank terbesar di Korea Selatan," tegas Rivan.

Tidak dipungkiri tahun ini, industri perbankan juga sedang menghadapi tantangan akibat pandemi Covid-19. Banyak nasabah perbankan secara nasional mengajukan proses restrukturisasi kredit yang hingga kuartal III 2020 telah mencapai Rp 860 triliun.

Khusus Bank Bukopin, sampai kuartal III 2020, perusahaan telah melakukan restrukturisasi kredit senilai Rp 24,5 triliun dimana Rp 18 triliun atau 73 persen diantaranya disebabkan dampak Covid-19.

Menyikapi perkembangan tersebut, Rivan mengungkapkan bahwa perusahaan mendapatkan kesempatan yang sangat baik dengan dilakukannya transformasi secara menyeluruh yang didukung dan didampingi oleh KB Kookmin Bank.

Baca juga : Mitra Bukopin Dari Perusahaan Korsel Diprediksi Bakal Bertambah

Meskipun tantangan pandemi masih terus berlangsung, Track record KB Kookmin Bank membuat Bukopin makin Dilirik oleh nasabah baru. Keahlian ini yang menjadi penambah optimisme Bukopin dalam melanjutkan proses tranformasi.

"Kami juga sudah menyiapkan langkah antisipasi berbagai perbaikan internal menghadapi Covid-19 seperti membentuk divisi baru yang bertugas mengelola kredit serta membentuk mitigasi aset," tuturnya.

Di tempat yang sama Chief Strategic Officer Bank Bukopin, Ji Kyu Jang, menambahkan, perusahaan telah menyiapkan berbagai strategi untuk memperkuat fundamental bisnis.

Di bidang pemasaran, misalnya, kehadiran KB Kookmin Bank sebagai PSP akan mendorong penguatan basis nasabah Bank Bukopin, termasuk ke komunitas Korea.

Baca juga : Realisasi Bantuan Iuran JKN Capai Rp 1,9 Triliun

Saat ini terdapat sekitar 2.000 perusahaan dan 30.000 warga Korea Selatan di Indonesia yang potensial menjadi nasabah Bukopin. Jang mengunkapkan bahwa KB telah mengalami proses yang sama sekitar dua dekade lalu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.