Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KB Kookmin Jadi Pengendali

Mitra Bukopin Dari Perusahaan Korsel Diprediksi Bakal Bertambah

Senin, 9 November 2020 20:02 WIB
KB Kookmin Jadi Pengendali Mitra Bukopin Dari Perusahaan Korsel Diprediksi Bakal Bertambah

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasca KB Kookmin Bank Co.Ltd menjadi pemegang saham pengendali PT Bank Bukopin Tbk (BBKP), sejumlah perusahaan Korea Selatan (Korsel) mulai melirik untuk menjadi mitra dan calon nasabah baru di Bukopin.

Vice President Hyundai Motor Asia-Pacific Headquarter, Lee Kang Hyun mengatakan, masuknya Kookmin ke Bukopin memberi optimisme yang tinggi bagi pelaku usaha asal Korsel di Indonesia.

KB Kookmin dikenal sebagai salah satu bank terbesar di Korsel. Bank tersebut sudah memiliki nama besar di banyak negara.

Baca juga : Jokowi Ingin Pendampingan Di Perhutanan Sosial Terintegrasi

Para perusahaan Korsel yang jumlahnya ribuan di Indonesia berpotensi menjadi mitra dan nasabah PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) menyusul kehadiran KB Kookmin Bank sebagai pemegang saham pengendali.

"Sebagian besar perusahaan tersebut selama ini telah menjadi mitra strategis Kookmin," ujar Lee di Jakarta, dikutip Senin (10/11).

Saat ini terdapat sekitar 2.000 perusahaan besar, kecil, dan menengah asal Korea Selatan seperti Samsung, Hyundai Motor, LG dan lain-lain. Dari jumlah tersebut, sekitar 190 perusahaan merupakan nasabah Kookmin di Korea Selatan.

Baca juga : Pemerintah Bikin Aplikasi Pantau Protokol Kesehatan

“Semua berpotensi menjadi nasabah Bank Bukopin ke depannya. Apalagi kekuatan Bukopin juga akan didukung sistem keuangan digital yang menjadi urat nadi perbankan di Korsel,” terangnya.

Bergabungnya Kookmin diprediksi akan memberikan wajah baru bagi Bukopin sekaligus menjadikannya sebagai perbankan nasional dengan jaringan global.

Kookmin merupakan bagian dari KB Financial Group yang berbasis di Korea Selatan dengan pencapaian laba bersih terbesar sepanjang tahun 2019.

Baca juga : Bukhori Yusuf: Masyarakat Bisa Terbelah

Per 31 Desember 2019, Kookmin melayani 31,5 juta nasabah dan mengembangkan aplikasi perbankan digital dan platform mobile Star Banking dengan basis nasabah hingga 15,5 juta pengguna.

Lee yang juga mantan petinggi Samsung di Indonesia memandang, masuknya Kookmin ke Indonesia melalui Bukopin memberikan harapan baru bagi pelaku usaha dan komunitas dari Korsel lewat berbagai kebijakan yang diperuntukkan bagi mereka.

"Hadirnya Kookmin juga diharapkan mampu mengokohkan langkah Bukopin dalam memperkuat pendanaan khususnya untuk UMKM demi mendorong perekonomian nasional," tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.