Dark/Light Mode

Komunitas Pecinta Gastronomi Indonesia Dukung Minuman Rempah

Sabtu, 28 November 2020 10:45 WIB
Komunitas Pecinta Gastronomi Indonesia Dukung Minuman Rempah

RM.id  Rakyat Merdeka - Komunitas Pencinta Gastronomi Indonesia atau Indonesian Gastronomy Community (IGC), merupakan komunitas non-profit pecinta makanan Indonesia ini memiliki visi untuk memajukan Indonesia khususnya di bidang pelestarian makanan dan minuman serta budaya khas Indonesia.

IGC yang diketuai Ria Musiawan, bersama WeLearn dan UN Woman, didukung oleh Kementerian Perdagangan RI dan Kedutaan Indonesia RI Islamabad-Pakistan serta Kinarya Anak Bangsa mengadakan webinar Rempah dan Minuman Rempah, Potensi Pasar di Asia Selatan.

Baca juga : Satgas Covid-19 Pastikan Infrastruktur Dan SDM Indonesia Siap Lakukan Vaksinasi

Ria mengatakan Nusantara selain kaya akan budaya, bahasa, suku bangsa, juga memiliki beragam jenis minuman khas dari berbagai suku bangsa, yang tersebar di seluruh penjuru nusantara. "Kekhasan ragam minuman nusantara ini biasanya diracik dari rempah-rempah yang banyak tumbuh di suatu wilayah. Warisan leluhur ini hendaknya dilestarikan dengan mengikuti perkembangan jaman," ujar Ria, Jumat (27/11), saat acara webinar tersebut.

Ia menambahkan setiap racikan minuman rempah mengandung cerita khas yang dibawanya. Cerita tersebut turun temurun dan beberapa di antaranya tertulis di dalam manuskrip yang tersebar di seluruh penjuru nusantara," ujarnya. 

Baca juga : Jokowi: Pemerintah Hormati Proses Hukum Di KPK

Selain kekhasannya, rempah-rempah Indonesia juga sangat lekat dengan kearifan lokal Indonesia. Cerita bahwa rempah-rempah yang dibuat minuman dan diproses secara tradisional, sangat kuat dengan cerita tentang khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Ria mengatakan minuman rempah juga akrab dengan isu lingkungan karena minuman rempah dibuat dari tanaman rempah tanpa bahan artificial (pengawet) dan tanamannya sangat banyak ditemui di hutan-hutan atau bahkan pekarangan kita," ungkapnya.

Baca juga : Tak Disiplin, 2 Pemain Timnas Indonesia U-19 Dipulangkan dari TC

Sementara itu Programme Officer Women Entrepreneurship UN Women Indonesia Pertiwi T Boeditomo UN Woman mendukung perempuan untuk mendapatkan akses dan kesempatan setara dalam berwirausaha.

Di akhir acara moderator Rosita YS Wibawa mengataman Objektif dari webinar ini adalah mengingatkan kembali dan menggali ulang Minuman Rempah Nusantara sebagai potensi bangsa Indonesia untuk mengulang kejayaan rempah Indonesia di masa lalu. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.