Dark/Light Mode

Dukung Program Strategis Presiden, Pelindo Marines Layani Pengangkutan Bioenergi

Rabu, 2 Desember 2020 18:36 WIB
Dukung Program Strategis Presiden, Pelindo Marines Layani Pengangkutan Bioenergi

RM.id  Rakyat Merdeka - Anak usaha PT Pelindo III (Persero), Pelindo Marines, melayani pengangkutan FAME (fatty acid methyl esther/ester metil asam lemak) yang merupakan material produksi bioenergi dari bahan bakar nabati. Bahan tersebut digunakan untuk produksi Biosolar milik Pertamina.

Ini merupakan bagian dari Program Strategis Presiden Jokowi dalam mendorong pemanfaatan bahan bakar, yang lebih ramah lingkungan dibanding yang berbasis fosil.

Baca juga : Dukung Konservasi Alam, Pertamina Lepas 13 Yaki di Gunung Ambang Bolaang Mongodow

Layanan tersebut diresmikan dalam Perjanjian Kerja Sama antara Pelindo Marines (Pelindo III Group), Pertamina Trans Kontinental (Pertamina Group), dan PT USDA Seroja Jaya yang ditandatangani di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (2/12).

“Pelindo Marines menyiapkan armada kapal dengan kru terlatih untuk mengangkut FAME dari Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) PT Wilmar, di Pelabuhan Gresik menuju ke Terminal Mirah di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya,” kata Direktur Utama Pelindo Marines, Umar, usai acara.

Baca juga : Jaga Kelancaran Proyek Strategis Nasional, Pertamina Gandeng Kejagung

Umar mengungkapkan, seiring meningkatnya kebutuhan suplai FAME produksi Wilmar ke fasilitas blending Pertamina di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, maka pengangkutan melalui moda transportasi darat, diperkirakan tidak akan memungkinkan lagi.

Menurutnya, kerja sama ini merupakan langkah sinergi untuk mengantisipasi agar Program Strategis Pemerintah tidak terganggu, akibat adanya hambatan transportasi pasokan.

Baca juga : KSP Indosurya Masih Lanjutkan Pencairan Dana Para Anggota

"Pemindahan pengangkutan dengan moda transportasi laut menjadi solusi, karena kapal atau tongkang memiliki kapasitas angkut curah yang lebih besar. Sehingga, akan memberikan efisiensi yang signifikan dari sisi durasi dan biaya angkut. Selain itu, juga mengurangi beban jalan dan kepadatan lalu lintas yang bisa mengganggu aktivitas masyarakat,” jelas Umar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.