Dark/Light Mode

Seruan Boikot Produk Prancis Bikin Pedagang dan Konsumen Menjerit

Senin, 2 November 2020 09:43 WIB
Seruan Boikot Produk Prancis Bikin Pedagang dan Konsumen Menjerit

RM.id  Rakyat Merdeka - Seruan boikot terhadap produk Prancis rupanya cukup berdampak bagi pedagang dan konsumen. Soalnya, negeri mode itu punya sejumlah produk yang digunakan sebagian besar masyarakat Indonesia.

Ini dialami Sari, seorang pedagang bakso di Perumnas Depok, Jawa Barat. Dia mengaku kesulitan mencari air mineral Aqua untuk pelanggannya, sejak isu boikot mengemuka. "Biasanya  sehari saya juga bisa jual 2-3 dus Aqua botol, sekarang sementara diganti yang lain, satu dus pun nggak habis. Mereka pilih cari Aqua di luar atau bawa dari rumah," papar Sari, Senin (2/11).

Baca juga : Mahathir Bikin Geger

Menurut Sari, sebagai brand yang sudah tertanam sebagai produk berkualitas di benak pelanggan, Aqua sulit digantikan merk lain. "Diganti merk lain, yang udah biasa minum merk lama nggak mau. Tetap nyarinya Aqua. Ya kalau air minum, orang ke warung beli air mineral, pasti bilangnya beli Aqua," imbuhnya seraya berharap, isu boikot ini segera berakhir.

"Gara-gara ribut-ribut boikot, kalau jualan lebih jelek, gimana saya mau kasih makan anak di rumah?" keluh Sari.

Baca juga : Ayo, Siapa Mau Ikut Ulama

Sari bukan satu-satunya pedagang kecil yang bingung dengan seruan boikot produk Prancis yang ramai dalam 1 minggu terakhir ini.

Kasno, pemilik warung sembako dan kebutuhan sehari-hari di kawasan Bojonggede, juga mengeluhkan beberapa produk yang kini susah didapatkan untuk warungnya.

Baca juga : Syarief Kecam Presiden Prancis Biarkan Penistaan Nabi

Selain Aqua, dia juga kesulitan mendapatkan susu SGM yang juga jadi sasaran boikot masyarakat. Padahal susu itu banyak dicari ibu-ibu karena harganya yang relatif murah.

"Yang mulai kerasa itu ya, karena air minum atau susu anak yang dibutuh sehari-hari. Selama ini, susu SGM sama Aqua yang paling laku," tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.