Dark/Light Mode

Peduli Lingkungan, Pertamina Lubricants Hadirkan Program Sampah Tukar Oli Di Jakarta Utara

Senin, 7 Desember 2020 21:10 WIB
Peduli Lingkungan, Pertamina Lubricants Hadirkan Program Sampah Tukar Oli Di Jakarta Utara

 Sebelumnya 
Yus menambahkan bahwa Program Bank Sampah Berkah merupakan program CSR unggulan PUJ dibidang lingkungan yang memiliki harapan besar dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat serta memberikan dampak ekonomi secara nyata bagi masyarakat.

Selain menabung sampah dan dapat ditukar dengan Oli Pertamina, sampah juga dapat dimanfaatkan kembali menjadi suatu kerajinan yang bernilai ekonomi, seperti kerajinan furniture drum bekas non-b3 yang sudah dimanfaatkan oleh tim Kreatif Bank Sampah Berkah. "Kami terus mengajak masyarakat Kelurahan Tugu Selatan lainnya untuk menyampaikan ide dan inovasi lainnya untuk dalam kita kembangkan bersama," pungkas Yus.

Program Sampah Tukar Oli ini diperuntukkan bagi nasabah Bank Sampah Berkah dengan cara menukarkan 10Kg sampah dengan 1 liter pelumas Pertamina atau akumulasi tabungan sampah minimal 10 kg dalam jangka waktu 3 bulan.

Baca juga : Kembangkan Bisnis, Pertamina Trans Kontinental Gandeng PMS Kolaborasi Jasa Pengangkutan

Bank Sampah Berkah bekerjasama dengan PT Pertamina Lubricants menyediakan berbagai jenis pelumas yang disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan roda dua masing - masing nasabah seperti Enduro Matic, Enduro Matic G, Enduro Racing, Enduro 4T, dan Prima XP.

Camat Koja Ade Himawan menyampaikan rasa apresiasi yang sebesar-besarnya atas hadirnya program Sampah Tukar Oli ini. "Semoga dengan diadakannya program ini masyarakat menjadi lebih semangat untuk terus menabung sampah sehingga permasalahan lingkungan dapat diselesaikan secara gotong royong Semoga kegiatan seperti ini dapat dicontoh di wilayah lain dan dapat berjalan secara berkelanjutan," ungkap Ade.

 Perwakilan Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara Achmad Sobirin juga menyampaikan pentingnya inovasi yang terus menerus dalam hal pengendalian dsn daur ulang sampah.

Baca juga : Bantu Mitra Binaan, Pertamina UMKM Academy 2020 Hadirkan Pakar Bisnis

“Ini pencapaian yang bagus untuk Bank Sampah Berkah. Inovasi seperti menjemput sampah, menyediakan kantong sampah, dan buku tabungan ini layak diteruskan secara berkesinambungan," ujarnya.

Achmad mengatakan kegiatan ini memberikan dampak yang luar biasa untuk pengurangan sampah di wilayah Jakarta Utara. Semoga kegiatan seperti ini terus meluas ke seluruh lapisan masyarakat. "Kami juga ucapkan terimakasih untuk PT Pertamina Lubricants atas dukungannya terhadap Bank Sampah Berkah," ungkapnya.

Lurah Tugu Selatan Sukarmin juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada PT Pertamina Lubricants bahwa melalui program Bank sampah ini masyarakat mendapat manfaat yang banyak selain dari lingkungan yang bersih juga bisa meningkatkan kesejahteraan warga.

Baca juga : Mitra Pertamina Gas Mulai Produksi Jamu Bubuk Sehat

Sejak tahun 2018 Production Unit Jakarta telah ikut berpartisipasi mengembangkan Bank sampah Berkah di Kelurahan Tugu Selatan dengan memberikan berbagai macam bantuan seperti pelatihan pengelolaan sampah dan bantuan peralatan seperti mesin cacah dan mesin press sampah plastik. "Saat ini, Bank sampah Berkah telah memiliki 200 nasabah aktif melalui 4 unit kecil Bank sampah di lingkungan Rukun Tetangga," pungkas Sukarmin. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.