Dark/Light Mode

LPS Tegaskan Masyarakat Aman Simpan Uang Di Bank

Jumat, 11 Desember 2020 19:50 WIB
Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa saat memberikan paparannya di diskusi virtual, Jumat (11/12). (Foto: Istimewa)
Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa saat memberikan paparannya di diskusi virtual, Jumat (11/12). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Senada, Chairman The Finance, Eko B Supriyanto menuturkan, ada beberapa strategi yang bisa diterapkan oleh perbankan untuk menghindari fraud. Strategi pertama adalah perbankan harus memahami setiap karyawannya (SDM).

Menurutnya, setiap manajemen perbankan perlu mengenal setiap karyawan sebelum menempatkannya dalam sebuah jabatan. Terlebih lagi bila manajemen ingin menempatkan karyawan tersebut di posisi tertentu.

Baca juga : Libur Nataru, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp 15,1 T

Know your employee. Apakah gaya hidup dan perilakunya sesuai dengan jabatan dan gaji yang di dapat? Misalnya ketika akan memilih kepala cabang, pastikan sudah diamati terlebih dahulu. Itu adalah nasihat yang saya dapat dari bankir-bankir terdahulu,” tambah Eko.

Kemudian strategi kedua adalah memperkuat pengawasan dan mitigasi risiko. Bank perlu mencadangkan dana untuk kejadian-kejadian tak terduga seperti penipuan dan kecurangan. Ketiga adalah kesadaran terhadap fraud.

Baca juga : Rashfrod Yang Mau Abadi Di Man United

Setiap bank memperkuat pengawasan internalnya untuk meminimalisir terjadinya fraud. Strategi terakhir adalah pemahaman akan nasabah. Bank perlu mengenali perilaku transaksi setiap nasabahnya, sehingga potensi kecurangan dapat dicegah.

Ia menghimbau, agar strategi-strategi tersebut diterapkan sehingga bank tidak kehilangan kepercayaan masyarakat. Dengan pengawasan yang ketat, potensi untuk terjadinya kecurangan dan penipuan dapat diminimalisir," pungkasnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.