Dark/Light Mode

Rilis BPPU 2025, BI Perkuat Efektivitas Transmisi Kebijakan Moneter

Senin, 14 Desember 2020 14:09 WIB
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo. (Foto: Antara)
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Kelima visi ini kemudian dijabarkan lebih lanjut dalam tiga inisiatif utama yang akan diimplementasikan secara bertahap dalam rentang waktu antara 2020 hingga 2025. Inisiatif pertama, mendorong digitalisasi dan penguatan infrastruktur pasar keuangan.

Baca juga : ICCF 2020, Kreativitas Untuk Kemuliaan

Inisiatif kedua, memperkuat efektivitas transmisi kebijakan moneter yang dilakukan melalui pengembangan instrumen keuangan dan reformasi suku bunga acuan (benchmark rate), serta inisiatif ketiga, yaitu mengembangkan sumber pembiayaan ekonomi dan pengelolaan risiko.

Baca juga : RKSA 2021, Perkuat Hilirisasi Penelitian

Bersamaan dengan acara peluncuran tersebut, juga telah dilakukan serah terima koordinator Forum Koordinasi Pembiayaan Pembangunan melalui Pasar Keuangan (FK-PPPK) dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kepada BI.

Baca juga : Gelar Sprint Rally 2020, Bukti Meikarta Terus Kerjakan Proyek Properti

FK-PPPK dikoordinasikan oleh tiga lembaga secara bergantian, yaitu Kemenkeu, BI dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). "Bergabungnya Lembaga Penjamin Simpanan pada tahun 2019 semakin menunjukkan upaya Indonesia dalam mensinergikan seluruh langkah pengembangan pasar keuangan agar senantiasa berjalan selaras," pungas Perry.[DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.