Dark/Light Mode

Jelang Natal Dan Tahun Baru

Jangan Khawatir, Stok BBM Dan LPG Di Jawa Tengah Aman Terkendali

Senin, 14 Desember 2020 16:31 WIB
Jelang Natal Dan Tahun Baru Jangan Khawatir, Stok BBM Dan LPG Di Jawa Tengah Aman Terkendali

 Sebelumnya 
Untuk produk LPG, Satgas memprediksi akan terjadi peningkatan seperti di tahun sebelumnya. LPG jenis PSO (3kg) diprediksi naik 10 persen. Sedangkan LPG Non Subsidi atau Non PSO, naik 11 persen.

 “Peningkatan tertinggi LPG, kami prediksi terjadi pada tanggal 22 Desember 2020, jelang Hari Raya Natal dan 29 Desember 2020 jelang tahun baru. Namun, kami mengimbaukonsumen agar menyiapkan stok LPG, beberapa hari sebelum tanggal tersebut. Sebagai antisipasi kesediaan stok di pangkalan kami," papar Arya.

Prediksi Konsumsi BBM dan LPG

Baca juga : Jelang Natal Dan Tahun Baru, Penjualan Eceran Terus Membaik

Melalui 7 Terminal BBM yaitu Integrated Terminal Semarang dan Cilacap, Fuel Terminal Boyolali, Tegal, Maos, Lomanis serta Rewulu, Pertamina menyalurkan kebutuhan BBM di Regional Jawa Bagian Tengah.

Sementara itu, untuk kebutuhan LPG, Pertamina di Regional JBT memenuhinya melalui Depot LPG Cilacap serta Depot milik Opsico di Kota Semarang.

Selama periode Satgas Natal dan Tahun Baru, Pertamina memprediksi akan terjadi kenaikan konsumsi BBM dan LPG di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Untuk wilayah Jawa Tengah, Pertamina memperkirakan akan terjadi kenaikan sebesar  persen, untuk BBM jenis Gasoline yaitu dari rataan harian normal sebesar 10.200 kl menjadi 11.000 kl per hari.

Baca juga : Liburan Nataru Di Rumah Aja, Jangan Keluar Dan Tertular

Sedangkan untuk LPG PSO, diprediksi naik 10 persen dari rataan harian normal 3.480 Metric Ton (MT) menjadi 3.820 MT per hari. Sementara LPG NPSO, naik 12 persen dari 262 MT menjadi 282 MT per hari.

Untuk wilayah DI Yogyakarta, Pertamina memperkirakan akan terjadi kenaikan sebesar 6% untuk BBM jenis Gasoline, yaitu dari rataan harian normal sebesar 1.510 kl menjadi 1.600 kl per hari.

Sementara  untuk LPG PSO, diprediksi naik 10 persen dari rataan harian normal 380 Metric Ton (MT), menjadi 420 MT perhari. Sedangkan LPG NPSO, bakal naik 9 persen,  dari 61 MT menjadi 66 MT per hari. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.