Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PT PII Jamin Proyek Penyediaan Air Minum Kota Pekanbaru

Kamis, 17 Desember 2020 11:35 WIB
PT PII menandatangani perjanjian penjaminan pemerintah Proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kota Pekanbaru, Rabu (16/12).
PT PII menandatangani perjanjian penjaminan pemerintah Proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kota Pekanbaru, Rabu (16/12).

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang 11 tahun berdiri, PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) terus mendukung pemerintah mendorong percepatan pembangunan proyek infrastruktur. Khususnya infrastruktur kesehatan, air minum dan sanitasi untuk pemulihan ekonomi nasional.

PII sebagai salah satu Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan RI, menandatangani perjanjian penjaminan pemerintah untuk Proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) di sektor Air Minum yaitu Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kota Pekanbaru, Rabu (16/12).

Penandatanganan ini dilaksanakan PT PII sebagai Badan Usaha Penjaminan Infrastruktur (BUPI) dengan PDAM Tirta Siak Kota Pekanbaru sebagai Penanggung Jawab Proyek Kerja Sama (PJPK) dalam Perjanjian Regres dan dengan PT Pembangunan Perumahan Tirta Madani sebagai Badan Usaha Pelaksana (BUP) dalam Perjanjian Penjaminan terkait Proyek.

Baca juga : Kala Pandemi, Perusahaan UEA Tetap Minat Investasi Di Tanah Air

Direktur Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko (PPR) Kementrian Keuangan (Kemenkeu) Luky Alfirman menyatakan, pihaknya telah menyediakan berbagai bentuk dukungan melalui fiscal tools sebagai usaha pemerintah mendorong percepatan penyediaan infrastruktur pada proyek dengan skema KPBU.

Dalam proyek SPAM Kota Pekanbaru ini, selain Penjaminan Pemerintah melalui PT PII, dukungan lain yang diberikan Kemenkeu pada proyek SPAM Pekanbaru ini adalah Viability Gap Fund (VGF) atau dukungan kelayakan, dan Project Development Facility (PDF) melalui SMV Kemenkeu lain yaitu PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

"Fasilitas-fasilitas yang diberikan pemerintah melalui Kementerian Keuangan ini diharapkan dapat mendorong percepatan pembangunan infrastruktur. Tak hanya proyek SPAM Pekanbaru, namun juga pada proyek infrastruktur lainnya. Sehingga pembangunan infrastruktur tetap berlanjut meski di tengah pandemi. Semoga semakin banyak dan luas manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat," tutur Dirjen PPR.

Baca juga : Pertamina Berikan Penghargaan Pada Pelanggan Industri Setia

Direktur Utama PT PII M. Wahid Sutopo menyatakan, ia telah memberikan penjaminan pada proyek tersebut dengan total nilai eksposur penjaminan sebesar Rp 469 Miliar dengan 15 tahun masa operasi komersial. "Terima kasih kepada Kementerian Keuangan, Pemerintah Kota Pekanbaru dan PDAM Tirta Siak yang telah mempercayakan skema penjaminan pemerintah melalui PT PII," ungkap M. Wahid Sutopo.

Proyek SPAM Kota Pekanbaru adalah proyek ke-30 yang mendapatkan skema penjaminan dari PT PII dan Proyek SPAM keempat setelah SPAM Umbulan, SPAM Bandar Lampung dan SPAM Semarang Barat.

"Harapannya skema penjaminan ini menambah keyakinan bagi para investor dan Lembaga keuangan untuk berpartisipasi lebih aktif dalam pembangunan infrastruktur," tutupnya.

Baca juga : PBB Minta Kader Mainkan Tiga Jurus

Proyek SPAM Kota Pekanbaru merupakan proyek pembangunan dan pengoperasian SPAM berkapasitas 750 lpd dengan nilai Capex sebesar Rp 499,9 miliar, di luar jaringan distribusi. Melalui Proyek SPAM Kota Pekanbaru ini, PDAM Tirta Siak diharapkan dapat meningkatkan kapasitas untuk melayani sampai dengan 61.000 SL, atau hingga hampir empat kali lipat dari kapasitas jumlah pelanggan yang dilayani pada saat ini. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.