Dark/Light Mode

Kala Pandemi, Perusahaan UEA Tetap Minat Investasi Di Tanah Air

Rabu, 16 Desember 2020 23:21 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Uni Emirat Arab Husin Bagis
Duta Besar Indonesia untuk Uni Emirat Arab Husin Bagis

RM.id  Rakyat Merdeka - Minat perusahaan-perusahaan Uni Emirat Arab (UEA) untuk melakukan ekspansi ke Indonesia tetap tinggi di tengah pandemi Covid-19. Hal ini ditandai dengan kehadiran delegasi bisnis pada gelaran Indonesia - UAE Week 2020.

Tercatat tujuh perusahaan UEA berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Di antaranya Masdar, Abu Dhabi Holding, Emirates Global Aluminium (EGA), Taqa, Alfoah, First Abu Dhabi Bank dan Silverpumps. Duta Besar Indonesia untuk UEA Husin Bagis menyampaikan, di tengah masa pandemi tidak mudah bagi seseorang untuk melakukan mobilitas.

"Namun demikian, kehadiran sejumlah petinggi perusahaan tersebut di Indonesia menunjukkan bahwa Indonesia masih menarik bagi investor asing," jelasnya dalam siaran pers, Rabu (16/12). Menurut Husin, kehadiran mereka tersebut memiliki tujuan yang beragam.

Baca juga : Pemerintah Bentuk Lembaga Investasi, Ini Tugasnya

"Ada yang statusnya sudah tahap realisasi seperti Masdar, ada yang sedang akan eksekusi kontrak, ada pula yang masih penjajakan, seperti Abu Dhabi Holding, Taqa, Alfoah dan Silverpumps," lanjutnya.

Husin menilai, kehadiran mereka harus dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi pihak Indonesia untuk mencari peluang kerja sama. "Kami di KBRI nanti yang akan mengawal kesepakatan dan perjanjian yang ada tersebut," jelasnya.

Pekan Indonesia-UEA atau Indonesia-UAE Week di Indonesia pada 15-21 Desember 2020

Sebagai informasi, perusahaan industri pompa air terintegrasi Dubai, Silverpumps menjajaki kerja sama dengan PT Sang Hyang Seri atau PT SHS untuk pembuatan pabrik pompa untuk irigasi pertanian. Staf Ahli PT SHS Felix Sitorus menyampaikan, kerja sama dengan Silverpumps cukup prospektif mengingat kondisi irigasi yang saat ini belum banyak menggunakan pompa irigasi.

Baca juga : Angkasa Pura l Prediksi 2,4 Juta Penumpang Terbang Saat Natal & Tahun Baru

Menurut Felix, masih banyak yang menggunakan gravitasi. Oleh karena itu, dengan harga yang ditawarkan untuk tipe per unit 18 dolar AS atau Rp 254.847, untuk volume besar, menurut Felix akan sangat terjangkau bagi petani.

CEO Silverpumps Dubai Moin Siddiqui menyampaikan, pihaknya siap menanamkan modalnya di Indonesia selama ada kebutuhan terhadap produk-produk yang mereka tawarkan. "Kami akan siapkan letter of intent untuk PT SHS dan segera membangun komunikasi yang lebih intensif untuk menindaklanjuti kerja sama ini," ungkapnya.

Pertemuan bisnis itu dilakukan dalam rangkaian Indonesia-UAE Week 2020 yang digelar KBRI Abu Dhabi bersama Kedutaan Besar UEA di Jakarta. Acara itu digelar pada 15 - 21 Desember 2020. Rangkaian kegiatan dimulai dari pembukaan kantor perwakilan First Abu Dhabi Bank (FAB), kerja sama pengiriman lebih banyak perawat Indonesia ke UEA, peresmian PLTS Terapung Cirata, eksekusi kontrak EGA - Inalum, dan pertemuan bisnis lainnya. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.