Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sabet Penghargaan KPK, BP Jamsostek Janji Perkuat Integritas & Tumpas Gratifikasi

Kamis, 17 Desember 2020 17:43 WIB
Direktur Utama BP Jamsostek Agus Susanto. (Foto: Ist)
Direktur Utama BP Jamsostek Agus Susanto. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memberikan apresiasinya kepada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) yang telah melakukan pengendalian gratifikasi dengan baik. 

BP Jamsostek diganjar penghargaan oleh KPK pada kategori Lementerian Lembaga dengan Unit Pengendalian Gratifikasi Terbaik Tahun 2020. Tak cuma itu, BP Jamsostek juga menyabet dua apresiasi lainnya dari KPK, yaitu pada kategori Lembaga yang memiliki Forum Penyuluh Antikorupsi Teraktif, dan Ahli Pembangun Integritas Inspiratif.

Direktur Utama BP Jamsostek Agus Susanto mengatakan, penghargaan ini menjadikan pengendalian gratifikasi di institusinya semakin baik, bersih dan memenuhi harapan semua pihak.

Baca juga : Pertamina Berikan Penghargaan Pada Pelanggan Industri Setia

"Ini merupakan bentuk komitmen dan konsistensi kami dalam penerapan tata kelola yang baik (Good Governance) kepada seluruh insan BP Jamsostek untuk mewujudkan insan berintegritas tinggi," katanya dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis (17/12).

Agus menegaskan, integritas telah menjadi faktor kunci bagi BP Jamsostek dalam menyelenggarakan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan yang bersih dari praktek korupsi.

"Sebagai institusi yang mengelola dana pekerja, penghargaan ini menjadi pembuktian bagi kami agar terus mendapatkan dan meningkatkan kepercayaan publik," ujarnya.

Baca juga : Pengembangan Food Estate Kalimantan Tengah Sentuh Solidaritas Masyarakat

Agus menegaskan, BP Jamsostek berkomitmen terus melakukan standarisasi kompetensi Penyuluh Anti Korupsi. Seperti melakukan sertifikasi secara bertahap kepada seluruh Tunas Integritas BP Jamsostek. Sementara ini, sudah ada 40 orang tersertifikasi sebagai Penyuluh Anti Korupsi dan 24 tersertifikasi sebagai Ahli Pembangun Integritas (API).

Ia berterima kasih kepada KPK atas penghargaan yang diberikan. Karena, sejalan dengan salah satu nilai budaya BP Jamsostek, yaitu integritas. Penghargaan yang diberikan KPK ini merupakan yang ketiga kalinya bagi BP Jamsostek. Penghargaan pertama dan kedua diterima secara berturut-turut pada tahun 2017 dan 2018 lalu kemudian tahun 2020 ini Sementara pada tahun 2019, hasil penilaian KPK pada BP Jamsostek melalui Indeks Survey Penilaian Integritas mendapat nilai 85,08 di atas rata-rata indeks Kementrian/Lembaga/Pemda 76,86.

"Kami bangga atas capaian ini. Karena, bertepatan dengan hari jadi ke-43 tahun BP Jamsostek 5 Desember. Kado istimewa ini untuk jajaran Direksi dan Dewan Pengawas, seluruh insan BP Jamsostek, pemangku kepentingan dan seluruh mitra dalam perannya mendukung BP Jamsostek menjadi institusi yang bersih, menjunjung tinggi integritas, bebas korupsi, gratifikasi, dan suap," ungkapnya.

Baca juga : Penerima Penghargaan SKK Migas Award Diminta Maksimalkan Kinerja Industri Hulu

Kepala Kantor Cabang BP Jamsostek Jakarta Pulo Gebang Jefri Iswanto menambahkan, penghargaan ini merupakan hasil kerja keras intitusi dalam mengendalikan gratifikasi. Karena, BP Jamsostek juga rentan untuk mendapatkan gratifikasi. "Penghargaan dari KPK tersebut menjadi motivasi bagi seluruh insan BP Jamsostek untuk terus menjaga integritas dalam memberikan pelayanan kepada publik," ujarnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.