Dewan Pers

Dark/Light Mode

Di Tengah Pandemi Covid-19, Pertamina Sumbang 422 Kantong Darah

Kamis, 17 Desember 2020 19:21 WIB
Di Tengah Pandemi Covid-19, Pertamina Sumbang 422 Kantong Darah

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel menggelar aksi donor darah di Kantor Pertamina MOR II Jl. Jend. A. Yani No.1247/ I Plaju, Palembang, Kamis (17/12).

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai wujud kepedulian pekerja, mitra kerja dan keluarga Pertamina terhadap sesama yang memerlukan darah.

Hal ini antara lain didorong oleh fenomena ketakutan masyarakat untuk mendonorkan darahnya, sehingga berdampak  terhadap penurunan stok darah bagi masyarakat.

Acara dibuka oleh Pjs. Executive GM Regional Sumbagsel, Pande Made Andi Suryawan bersama Staf Ahli Walikota Bidang Perekonomian Pembangunan Investasi Kota Palembang dr. Hj. Letizia M Kes, Camat Seberang Ulu 2 Rakhman Hidayat Pane, dan Kepala UTD PMI Kota Palembang dr. Selvi Dwi Putri.

Berita Terkait : Ini 5 Tempat Layanan Perpanjang SIM Di Jakarta

Dalam sambutannya, Pande mengungkapkan, di Hari Ulang Tahun (HUT) Pertamina ke-63 dengan mengambil tema Energizing You, Pertamina meng-energize seluruh masyarakat Indonesia di sektor energi.

Kali ini, Pertamina meng-energize masyarakat dalam bentuk lain. Yaitu berupa sumbangan darah dari pekerja, mitra kerja, dan keluarga sebagai perwira Pertamina.

Kegiatan donor darah ini dilaksanakan secara serentak di 5 Provinsi dan 3 Kabupaten wilayah Pertamina MOR II, yaitu Palembang, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Lampung, Kabupaten Lahat, Baturaja dan Kota Lubuk Linggau.

"Aksi ini dilaksanakan dengan tetap mengikuti sejumlah protokol kesehatan Covid-19, yaitu 3M (Menggunakan masker, Menjaga Jarak dan Mencuci tangan) serta tetap menjaga ventilasi yang terbuka. Durasinya juga tidak lama. Peserta yang telah selesai, langsung kembali ke tempat masing-masing, serta jalur masuk/ keluar yang berbeda," papar Pande.

Berita Terkait : Liga 1, Pandemi Corona Bikin Alberts Putar Otak

"Pendonor tentunya juga telah terseleksi kesehatannya," imbuhnya.

dr Hj. Letizia M.Kes dalam sambutannya juga menambahkan,  donor darah membuat tubuh pendonor menjadi makin sehat dan segar. Sebab, telah darah diambil, sel-sel darah akan menciptakan darah baru.

"Hal ini akan mengurangi risiko penyakit jantung, terhindar dari hipertensi, menurunkan kolesterol, dan menurunkan risiko kanker," ujar Letizia.

Ia juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Pertamina, yang telah rutin menyelenggarakan kegiatan donor darah ini. Total darah yang terkumpul mencapai 422 kantong darah, dan akan disalurkan ke unit transfusi darah yakni Palang Merah Indonesia (PMI) di masing-masing provinsi dan kabupaten.

Berita Terkait : Jokowi Gratiskan Vaksin Covid-19, Demokrat: Semoga Aman

Tak hanya membantu PMI, aksi donor darah juga dapat meningkatkan rasa kepedulian sosial pekerja, mitra kerja dan keluarga Pertamina untuk lebih tergerak lagi dalam berbagi dan membantu sesama. [HES]