Dark/Light Mode

Luncurin Fitur Warung Pangan Asik

BGR Berikan Layanan Keuangan Buat UMKM

Jumat, 27 November 2020 06:14 WIB
PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau biasa dikenal BGR Logistics meluncurkan fitur Warung Pangan (WP) Asyik saat pandemi
PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau biasa dikenal BGR Logistics meluncurkan fitur Warung Pangan (WP) Asyik saat pandemi

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau biasa dikenal BGR Logistics terus melakukan inovasi.

Perusahaan pelat merah itu meluncurkan fitur Warung Pangan (WP) Asik.Melalui layanan itu, mitra BGR bisa mengakses layanan keuangan.

Direktur Pengembangan Usaha dan Sistem Informasi BGR Logistics, Tri Wahyundo Hariyatno mengatakan, sesuai namanya, WP Asik, perseroan ingin mitranya makin asyik menjalankan kegiatan bisnisnya lewat dukungan pembiayaan yang digelontorkan perseroan.

Dalam memberikan layanan itu, BGR bekerja sama dengan dompet digital milik Himpunan Bank Milik negara (Himbara), yaitu LinkAja.

Tri menjelaskan, cara menggunakan fitur itu sangat mudah. Mitra WP cukup membuka aplikasi.

Kemudian, pilih menu, dan isi formulir. Nanti, ada tim yang akan memverifikasi administrasi maupun fisik usaha. Jika dirasa memenuhi persyaratan, maka mitra WP tinggal menandatangani berkas.

“Kurang dari seminggu, persetujuan pembiayaan bisa diberikan. Jadi nggak perlu lamakan,” ucapnya dalam Talkshow dan Launching WP Asik Bikin Asik Mitra Warung Pangan, secara virtual, kemarin.

Baca juga : Gandeng Ditjen Imigrasi, BNI Hadirkan Layanan Paspor Baru Sehari Jadi

Dia menuturkan, dari total pembiayaan yang disetujui, 20 persennya nanti berbentuk voucher LinkAja.

Sedangkan 80 persennya langsung masuk ke rekening pribadi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Sehingga, uangnya bisa langsung digunakan untuk membeli barang atau pengembangan warung.

Tri yakin, program yang dibuat BGR lebih menjanjikan ketimbang yang sudah ada. Kenapa demikian? Sebab, salah satu syarat mendapatkan pinjaman, mitra WP hanya perlu 6 bulan menjalankan usahanya.

Bunga pinjaman yang diberikan juga relatif kecil, yakni 3 persen setahun.

Untuk syarat administrasi, lanjut Tri, Mitra WP hanya perlu menyerahkan foto copy Kartu Tanda Pengenal (KTP), Kartu Keluarga (KK), surat domisili, dan buku tabungan.

Sebagai jaminan, para mitra cukup menjaminkan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) paling lama keluaran 2015.

Baca juga : Senayan Dukung Holding BUMN Pembiayaan UMKM

Untuk memenuhi kualitas pelayanan, BGR tengah menyiapkan fitur melalui Personal Computer (PC), berbasis warungpangan.com.

Hal ini disiapkan apabila smartphone mitra WP mengalami kendala. Untuk mendukung layanannya, warungpangan.com mengusung tagline Belanja Mudah Diantar Sampai Rumah.

“Saya yakin ini lebih efektif. Karena tinggal duduk di warung, tim kami yang akan mengantar. Fitur lainnya juga ada, seperti program unggulan menarik, promosi, diskon,” jelas Tri.

Head of Government Project Management Group LinkAja, Muhammad Rendi nugraha mengaku, kerja sama ini lantaran inisiatif BGR sejalan dengan visi LinkAja.

Salah satunya, mengembangkan pelaku UMKM. Adapun peran LinkAja, sebagai pendistribusi bantuan atau stimulus kepada mitra WP.

“Kami berharap program LinkAja dan BGR ini bisa dimanfaatkan pelaku usaha seluas-luasnya. Bahkan sampai pelosok,” tukas Rendi.

Lalu, seperti apa korelasi aplikasi ini dengan pelaku UMKM? Pemimpin Redaksi RMco.id Firsty Hestyarini mengamati, kondisi UMKM saat pandemi jauh berbeda dengan saat krisis sebelumnya. Jika sebelumnya UMKM bisa menjadi bantalam krisis, saat ini banyak UMKM babak belur.

Baca juga : IPI : Sampah Plastik Berbahan PET Punya Nilai Jual

Sebab, konsumsi rumah tangga belum maksimal.Dengan kondisi ini, Firsty menganggap kerja sama BGR dan LinkAja suatu hal yang konkret menyelamatkan pelaku UMKM.

Sebab, untuk mengerek perekonomian, perlu meningkatkan konsumsi rumah tangga. Dan warung-warung di masyarakat itu sebagai ujung tombaknya.

“BGR dan LinkAja yang menjembatani pembayaran transaksi secara aman dan mendidik masyarakat ke ekosistem digital. Yang dikawal dari hulu sampe hilir. Jaminan harga stabil, pembayarannya aman. Ini merupakan titik awal melompat ke masa depan. Karena teknologi jadi tantangan,” ujar Firsty.

Mitra WP bernama nanang dan Samin telah memanfaat program ini. Keduanya mengaku proses pinjaman lebih mudah.

Alhasil, uangnya bisa digunakan untuk mengembangkan usaha. Bukan hanya untuk keperluan stok, tetapi juga memperbaiki warung yang dimiliki. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :