Dark/Light Mode

Duet Bareng BP2MI, AP II Berikan Layanan Istimewa Untuk Pekerja Migran Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta

Sabtu, 19 Desember 2020 14:01 WIB
Duet Bareng BP2MI, AP II Berikan Layanan Istimewa Untuk Pekerja Migran Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta

 Sebelumnya 
Kedua, lounge bagi PMI yang terletak di di area Terminal 3 Internasional tepatnya di lantai 3, dekat dengan lobby drop off penumpang di area gedung parkir. Lounge tersebut dilengkapi fasilitas, seperti halnya lounge eksekutif yang terdapat di bandara, untuk kenyamanan PMI.

Di dalam loungejuga terdapat money changer yang dioperasikan BNI, untuk memudahkan PMI melakukan penukaran mata uang, sesuai negara tujuan.

"Lokasi Lounge PMI sangat dekat dengan lobby drop off penumpang di gedung parkir Terminal 3 internasional. Sehingga, begitu PMI turun dari kendaraan pengantar, dapat langsung menuju lounge yang letaknya tidak jauh," tutur Awaluddin.

Baca juga : Angkasa Pura I Sediakan Layanan PCR Test Dan Rapid Test Antigen Di 7 Bandara

Ketiga, area help desk center di Terminal 3, yang dapat memberikan berbagai informasi kepada PMI l, pada saat kepulangan dari luar negeri.

Keempat, booth gallery untuk penjualan serta promosi, yang menampilkan produk-produk dari PMI yang telah kembali ke Indonesia dan telah menjadi wirausahawan. Booth gallery ini terdapat di SMMILE Center Terminal 3, suatu ruang terbuka dengan area hijau yang juga dilengkapi dengan tenant-tenant komersial.

Kelima, seluruh media digital di dalam area Terminal 3 dapat difungsikan untuk menginformasikan program BP2MI, terkait pelayanan dan perlindungan PMI.

Baca juga : Kemendagri- Kemenlu Berkolaborasi Hadirkan Layanan Adminduk Di 130 Perwakilan RI di Luar Negeri

Perlindungan Bagi PMI Di Bandara

AP II sebagai BUMN pengelola bandara, mempererat koordinasi dengan stakeholder lainnya di bandara, untuk selalu memberikan perlindungan bagi PMI.

“Seperti yang dikatakan Kepala BP2MI, PMI adalah warga khusus, warga VVIP, pahlawan devisa yang harus dijamin pelindungannya termasuk di bandara. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, agar perlindungan PMI juga mencakup saat keberangkatan dan kedatangan di Tanah Air,” jelas Awaluddin.

Baca juga : BP2MI Berangkatkan 116 Pekerja Migran Ke Negeri Sakura

AP II akan memastikan, tidak ada oknum yang mengambil kesempatan atau mencari keuntungan dari PMI. “Kami telah membangun sistem bersama stakeholder bandara, untuk mencegah adanya oknum-oknum yang dapat merugikan penumpang pesawat termasuk PMI selama berada di bandara," papar Awaluddin.

"Kerja sama erat juga dijalin antara AP II dan BP2MI, sehingga kami dapat bertukar informasi mengenai adanya dugaan-dugaan tindakan ilegal, yang terkait penanganan PMI. Agar hal tersebut dapat ditangani dengan cepat," pungkasnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.