Dark/Light Mode

BI Dan Bank Of Thailand Perkuat Kerja Sama Penggunaan Mata Uang Lokal

Senin, 21 Desember 2020 11:40 WIB
Bank Indonesia. (Foto: ist)
Bank Indonesia. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Indonesia (BI) dan Bank of Thailand (BOT) sepakat kolaborasi penguatan kerangka kerja sama Local Currency Settlement (LCS) antara kedua negara sejak diimplementasikan pada 2 Januari 2018. 

Penguatan kerangka kerja sama LCS antara BI dan BOT meliputi perluasan underlying ke investasi langsung dari sebelumnya hanya untuk perdagangan, serta pelonggaran aturan transaksi valas antara lain terkait pemberian relaksasi penyiapan dokumen transaksi. 

Berita Terkait : BI-Kemenkeu Teken Kerja Sama Pengembangan Aplikasi CBS

Inisiatif ini menunjukkan komitmen yang berkelanjutan dari BI dan BOT dalam mendorong penggunaan mata uang lokal antara kedua negara. "Penguatan kerangka LCS dalam rupiah-baht mulai berlaku efektif sejak 21 Desember 2020," jelas keterangan BI di Jakarta, Senin (21/12).

Penguatan kerangka tersebut sejalan dengan Nota Kesepahaman yang ditandatangani BI dan BOT, 23 Desember 2016. Strategi penguatan kerangka kerja sama LCS, merupakan bagian dari upaya bersama oleh kedua bank sentral dalam mendorong penggunaan mata uang lokal yang lebih luas untuk memfasilitasi dan meningkatkan perdagangan, serta investasi langsung antara Indonesia dan Thailand.

Berita Terkait : Milenial Lirik Perabot Ruang Kerja Ramah Lingkungan

BI dan BOT telah menunjuk beberapa tambahan bank di masing-masing negara sebagai Appointed Cross Currency Dealers (ACCD) untuk mendukung implementasi penguatan kerangka LCS menggunakan rupiah dan baht.

Secara umum, bank yang ditunjuk memiliki tingkat ketahanan dan kesehatan yang cukup, pengalaman dalam memfasilitasi perdagangan atau kapasitas dalam menyediakan berbagai jasa keuangan, serta memiliki hubungan kerja sama yang baik dengan bank di negara mitra. 

Berita Terkait : RI Dan Swiss Teken Project Pengembangan Energi Terbarukan

Bank-bank yang ditunjuk yaitu sebagai berikut dari Indonesia, Tambahan bank ACCD, PT Bank BTPN Tbk, PT Bank CIMB Niaga Tbk, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, PT Bank Maybank Indonesia Tbk, PT Bank Mizuho Indonesia, PT Bank Permata Tbk, PT Bank HSBC Indonesia, MUFG Bank Ltd Jakarta, Branch Bank ACCD saat ini, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Central Asia (BCA) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Sementara dari bank Thailand, Tambahan bank ACCD, CIMB Thai Bank PCL, TMB Bank PCL, Standard Chartered Bank (Thai) PCL, The Hongkong and Shanghai Banking Corporation Limited Bangkok Branch, Sumitomo Mitsui Banking Corporation Bangkok Branch, Mizuho Bank Limited Bangkok Branch, Bank ACCD saat ini, Bangkok Bank PCL, Bank of Ayudhya PCL, Kasikornbank PCL, Krung Thai Bank PCL dan Siam Commercial Bank PCL. [DWI]