Dark/Light Mode

Pertamina Latih Warga Manfaatkan Minyak Jelantah Jadi Lilin

Minggu, 27 Desember 2020 06:11 WIB
Pertamina Latih Warga Manfaatkan Minyak Jelantah Jadi Lilin

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertamina RU V Balikpapan bersama Komunitas Jelantah 4 Change melaksanakan program pemberdayaan masyarakat melalui minyak jelantah, untuk melestarikan lingkungan.

Program dilakukan melalui pelatihan pembuatan lilin bertempat di Kampung Atas Air, Kelurahan Margasari, Sabtu, 26/12).

Berita Terkait : Bos-bos Pertamina Cek Layanan Tol Trans Jawa Dan Serahkan Bantuan Ke Gereja

Region Manager Comm, Rel & CSR Kalimantan Roberth MV Dumatubun mengatakan, program ini melibatkan kelompok masyarakat yang diberi nama Mariojela. "Mariojela ini sendiri merupakan singkatan dari Margasari Olah jalantah" ujarnya.

Pelatihan direncanakan diikuti oleh 16 RT di Kelurahan Margasari. Terkait dengan protokol kesehatan, pelatihan akan dibagi ke dalam 8 gelombang, yang akan diikuti oleh 5 sampai dengan 7 orang peserta setiap pelatihannya.

Berita Terkait : Satgas Nataru Pertamina Lubricants Pastikan Stok dan Layanan Pelumas Tetap Optimal

"Setelah pelatihan pembuatan lilin, nantinya kelompok akan diajarkan juga metode pemasarannya" jelas Robert.

Program ini diawali dengan menumbuhkan kesadaran masyarakat, karena masih banyak masyarakat yang membuang minyak jelantah ke perairan. Karena kita terhubung langsung dengan laut, maka minyak jelantah ini turut mencemari lingkungan.

Berita Terkait : Pertamina Pastikan Stok BBM, LPG Dan Avtur Aman Saat Libur Natal Dan Tahun Baru

"Bersama Komunitas Jelantah 4 Change, kita mengedukasi masyarakat, agar jangan membuang minyak jelantah ke laut karena dapat mencemari lingkungan. Selain itu, minyak jelantah juga dapat bernilai ekonomis bagi masyarakat" jelasnya.
 Selanjutnya