Dark/Light Mode

Asyik, Pesan Tiket Bus AKAP Bisa Dipesan Secara Online

Kamis, 31 Desember 2020 16:52 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi mengecek pelayanan pembelian tiket bus Antar Kota dam Antar Provinsi di Terminal Pulo Gebang, Kamis (31/12).
Menhub Budi Karya Sumadi mengecek pelayanan pembelian tiket bus Antar Kota dam Antar Provinsi di Terminal Pulo Gebang, Kamis (31/12).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus berinovasi dalam pelayanan transportasi di masa pandemi Covid-19.

Kemenhub meluncurkan sistem pembayaran tiket bus elektronik melalui aplikasi Jakarta Electronic Ticketing Bus (Jaketbus) di Terminal Terpadu A Pulo Gebang, Kamis (31/12).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, dengan aplikasi baru ini, penumpang dapat membeli tiket bus Antar Kota Antar Provinsi  (AKAP) secara online melalui handphone.

"Jadi membayar tidak perlu di terminal, kita bisa melakukan pemesanan dari rumah. Sudah ditentukan tujuannya kemana, busnya apa, di mana naiknya,” ujarnya.

Baca Juga : Pengawasan Kegiatan di Jakarta Diperketat Mulai Pukul 7 Malam

Menurutnya, Terminal Pulo Gebang merupakan lokasi percontohan diterapkannya sistem pembelian tiket daring melalui aplikasi Jaketbus.

Kebijakan tersebut, diatur dalam Instruksi Menteri Perhubungan Nomor 11 Tahun 2017 tentang Sistem Penjualan Tiket Angkutan Penumpang Umum Antar Kota secara elektronik.

Menhub berharap sistem pembayaran elektronik tiket bus ini bisa diterapkan di terminal-terminal lain.

"Sistem ini harus di link kan dengan sistem sistem yang lain. Pemprov DKI Jakarta dan Kementerian BUMN juga sedang membuat Jaklingko atau lainnya," jelas Mantan Dirut Angkasa Pura ll ini.

Baca Juga : Kasus Positif Ranking Kedua Di Tahun 2020, Kasus Sembuh Cetak Rekor Tertinggi

Menhub menjelaskan, aplikasi Jaketbus dapat diunduh melalui platform Google Play Store maupun App Store.

Dengan aplikasi Jaketbus, sistem pembayaran tiket dapat dilakukan melalui dompet digital atau e-wallet, transfer bank dan minimarket.

Dalam kesempatan itu, Menhub juga melakukan kunjungan ke Terminal Pulo Gebang untuk mengecek pelaksanaan protokol kesehatan yang berjalan di masa libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Menhub meninjau sejumlah fasilitas seperti tempat pelaksanaan swab antigen, tempat penjualan tiket, ruang tunggu penumpang, serta bus.

Baca Juga : Menkes: Vaksin Sinovac Segera Didistribusikan Ke-34 Daerah

Dalam kunjungan tersebut, turut hadir Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria dan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo (KPJ)