Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sah, Pertamina, Pupuk Kujang, Dan ITB Bentuk PT Katalis Sinergi Indonesia

Kamis, 31 Desember 2020 21:17 WIB
Sah, Pertamina, Pupuk Kujang, Dan ITB Bentuk PT Katalis Sinergi Indonesia

 Sebelumnya 
Dengan pembangunan pabrik secara lokal, diharapkan mampu mengurangi ketergantungan impor katalis secara signifikan, mempercepat lahirnya inovasi produk dan teknologi baru, membangun daya saing industri dalam negeri, sekaligus meningkatkan kemandirian dan ketahanan energi bangsa Indonesia.

"Bahkan pada saatnya nanti, diharapkan produk katalis Merah Putih karya anak bangsa ini akan mampu menembus pasar ekspor,.dan bersaing dengan produk-produk global player,"ujarnya.

Baca juga : Sabina Altynbekova, Bikin Patah Hati Netizen Indonesia

Ageng menambahkan, pendirian perusahaan patungan penghasil katalis di Indonesia ini merupakan sebuah perjalanan panjang mulai tahapan riset dan pengembangan hingga terbentuknya perusahaan patungan.

Bentuk kolaborasi antara BUMN dan Perguruan Tinggi BHMN ini terbukti mampu menghasilkan produk teknologi unggulan, yang diharapkan dapat meningkatkan ketahanan energi nasional, mendukung kemandirian energi, serta menjadi media hilirisasi riset karya anak negeri, baik dari aspek bisnis, riset dan teknologi, hingga pengembangan SDM nasional yang profesional.

Baca juga : Hadapi Tahun 2021, Pertamina Mantapkan Kerja Sama Dengan Polda Kalsel

"Penandatanganan Akta Pendirian merupakan milestone awal. Sehingga, kita secara bersama-masih perlu bahu-membahu dalam rangka merealisasikan pembangunan pabrik hingga operasi bisnis dari PT KSI ini. Kami dipercayai oleh holding kami, yakni PT Pertamina (Persero) untuk bersinergi bersama PK dan ITB untuk mengakselerasi produk-produk katalis baik untuk kebutuhan industri domestik maupun internasional," papar Ageng.

"Kami percaya dengan kombinasi expertise, kapabilitas teknologi dan adanya captive market serta hubungan pelanggan dan konsumen, JV katalis ini mampu mengisi kebutuhan katalis dalam dan luar negeri dengan baik," imbuhnya.

Baca juga : Bos-bos Pertamina Cek Layanan Tol Trans Jawa Dan Serahkan Bantuan Ke Gereja

PT Pertamina Lubricants akan berkontribusi dan mendukung penuh setiap tahapan. Mulai dari pabrik yang rencananya dilakukan pada triwulan kedua tahun 2021, hingga nantinya dapat beroperasi pada triwulan pertama tahun 2022.

"Pendirian perusahaan patungan ini juga diharapkan membawa manfaat bagi Pertamina Group. Bagi PTPL, menjadi potensi bisnis baru. Sedangkan di sisi lain, diharapkan mampu menjaga stabilitas pasokan dan harga katalis bagi kilang milik PT Kilang Pertamina Internasional," ungkap Ageng.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.