Dark/Light Mode

Kemenkop UKM Rinci 6 Indikator Strategis Roadmap Koperasi Dan UMKM Hingga 2024

Selasa, 5 Januari 2021 16:09 WIB
Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM bidang ekonomi kerakyatan, M Riza Damanik. (Foto: Kemenkop UKM)
Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM bidang ekonomi kerakyatan, M Riza Damanik. (Foto: Kemenkop UKM)

 Sebelumnya 
Riza menjelaskan, indikator tersebut disusun dengan mempertimbangkan beberapa hal diantaranya, modalitas UMKM dan koperasi saat ini, kondisi ekonomi dalam dan luar negeri saat ini dan ke depannya, serta masukan-masukan yang datang dari berbagai pihak, termasuk para akademisi, asosiasi, pelaku UMKM dan koperasi serta daerah. "Indikator ini akan menjadi acuan kolaborasi pengembangan koperasi dan UMKM ke depan," ucapnya.

Pada 2024 nanti, diharapkan kontribusi UMKM terhadap PDB Nasional menjadi 65 persen, PDB koperasi 11,54 persen, kontribusi ekspor UMKM 21,60 persen, start-up berbasis inovasi dan koperasi 850 unit, koperasi modern berbasis digital 100 unit dan rasio kewirausahaan 3,95 persen.

Baca juga : KemenkopUKM Beberkan Rencana Strategis KUMKM Go Global

Saat ini sambung Riza, Indonesia berada di posisi ke-4 negara dengan jumlah start-up terbanyak. Hal itu menjadi modal besar untuk mewujudkan start-up berbasis inovasi dan teknologi.

Selain itu dengan disahkannya Undang-Undang Cipta Kerja, maka akan mempercepat tumbuh kembangnya koperasi di Indonesia. "Peluangnya percepatan digitalisasi koperasi justru ada di UU Cipta Kerja.

Baca juga : Menteri Teten : Tahun 2020, Tahun Berat Bagi Koperasi dan UMKM

Dengan begitu akan semakin banyak anak muda tertarik menjadi anggota koperasi, mengembangkan usaha berbasis koperasi dan bangga untuk berkoperasi," pungkasnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.