Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Di Tengah Cuaca Ekstrem Pasca Banjir

PLN Berhasil Pulihkan 99 % Gardu Listrik Di Sentani

Senin, 25 Maret 2019 17:23 WIB
Pekerja PLN berjibaku pulihkan pasokan listrik pasca Banjir Bandang di Sentani Papua. (Dok Humas PLN)
Pekerja PLN berjibaku pulihkan pasokan listrik pasca Banjir Bandang di Sentani Papua. (Dok Humas PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PLN terus memulihkan pasokan listrik untuk masyarakat Sentani pasca bencana banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi Minggu lalu. PLN berhasil memulihkan gardu hingga mencapai 99 persen dan 100 persen penyulang telah pulih.

Sementara itu, sejumlah kondisi gardu masih dalam pekerjaan penyelesaian antara lain, 6 gardu yang padam karena terendam, perbaikan 3 tower SUTT 70 kV Orya dan sejumlah jaringan yang rusak/putus di sejumlah titik.

Baca juga : PLN Pulihkan Pasokan Listrik Pasca Bencana Banjir Di Sentani

Cuaca yang kurang bersahabat seminggu kemarin menjadi kendala proses pemulihan pasokan listrik untuk warga. Cuaca tersebut mengakibatkan banjir susulan dan tanah longsor yang akhirnya berdampak pada sejumlah jaringan terganggu.

"Saat ini tim pemulihan kelistrikan masih terus bekerja dilapangan di lokasi-lokasi bencana banjir kemarin. Namun, memang terdapat beberapa lokasi yang belum teraliri listrik dikarenakan akses yang belum bisa ditempuh serta infrastruktur yang mengalami kerusakan cukup besar", ujar Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka.

Baca juga : Pengacara Doan, Berharap Kliennya Bisa Ikuti Jejak Siti

Saat ini PLN fokus menyelesaikan perbaikan jaringan yang rusak/putus di titik-titik yang sudah dapat diakses sembari menunggu air surut. Selain itu, perbaikan 3 tower SUTT 70 kv di Orya juga terus dikebut. Gangguan dan pekerjaan ini menyebabkan beberapa lokasi di Sentani mengalami pemadaman, antara lain : Jl. Sosial, jl. Kemiri, Kampung Sosiri, Doyo Baru, sebagian BTN Gajahmada, Komplek Bintang Timur, Yabaso Pantai, Kampung Yakonde, Kampung Telafa Maya, Jl. Lintas Utara.

"3 tiang konstruksi SUTT kami mengalami kerusakan dimana SUTT tersebut untuk suplai daya dari PLTA Orya, namun kita sudah melakukan pengalihan sementara sehingga konstruksi dapat diperbaiki. Dan hingga saat ini PLN tidak mengalami defisit daya, namun pendistribusian daya yang memang harus ada perbaikan lebih", lanjut Made.

Baca juga : Bank Sentral Ajak UMKM Jualan Kopi Di Singapura

PLN terus berupaya menormalkan seluruh pasokan listrik masyarakat di lokasi terdampak dengan cepat, tepat dan mengedepankan faktor keamanan. Bila cuaca bersahabat, diharapkan dalam minggu ini pekerjaan dapat selesai dan masyarakat dapat menikmati listrik seperti sedia kala. (FAZ)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.