Dark/Light Mode

Garap Tiket MRT Jakarta

Bank DKI Bidik Transaksi JakCard 10 Juta Per Tahun

Selasa, 26 Maret 2019 09:21 WIB
Kantor Cabang Bank DKI. (Foto: Ist)
Kantor Cabang Bank DKI. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank DKI mendukung sistem pembayaran berbasis non tunai untuk pengguna Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta. Masyarakat bisa menggunakan uang elektronik JakCard yang dikeluarkan perseroan untuk membeli tiket MRT Jakarta.

Hal tersebut dikatakan oleh Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI Priagung Suprapto di Jakarta, kemarin.

Dengan bergabungnya Bank DKI menjadi sistem pembayaran di MRT Jakarta, Priagung optimis bisa semakin meningkatkan daya tarik fitur uang elektronik card based yang dimiliki perseroan. “Khususnya pada sektor transportasi,” ujarnya di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Aplikasi Jakarta Aman Mudahkan Warga DKI Lapor Kondisi Darurat

Menurut dia, penambahan fitur pembayaran MRT Jakarta pada JakCard dapat mendorong pertumbuhan jumlah pengguna JakCard mencapai hingga mendekati 5 juta pengguna. Hal itu didasarkan pada potensi bisnis MRT Jakarta yang cukup besar.

Jumlah pengguna diperkirakan mencapai hingga 173.000 penumpang perharinya. Dengan harga tiket yang relatif terjangkau, ia meyakini jumlah transaksi JakCard Bank DKI bisa menembus lebih dari 10 juta transaksi per tahun.

JakCard adalah kartu pintar prabayar atau prepaid smartcard yang diterbitkan oleh Bank DKI sebagai alat pembayaran untuk berbagai transaksi di merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan Bank DKI. Dengan menggunakan teknologi contactless chip, pengguna moda transportasi MRT Jakarta cukup mendekatkan JakCard pada mesin pembaca atau contactless card reader yang telah tersedia.

Baca juga : OVO Cetak Transaksi Rp 1 M Perbulan

Adapun kartu JakCard Bank DKI mulai bisa digunakan di stasiun MRT Jakarta sejalan dengan jadwal operasionalnya per 25 Maret 2019. Selain MRT Jakarta, JakCard Bank DKI juga dapat dipergunakan untuk naik fasilitas layanan publik seperti Transjakarta dan transaksi pembayaran tiket untuk program regular dan personal frequent rider Kereta Bandara.

“Langkah ini merupakan upaya Bank DKI untuk mendorong peningkatan transaksi non tunai, khususnya pada segmen transportasi,” katanya.

Selain itu, JakCard juga bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran di Jakarta kawasan wisata publik seperti Monumen Nasional, Taman Margasatwa Ragunan, dan Museum Seni & Keramik. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.