Dark/Light Mode

Bank DKI Salurkan Bansos Tunai Di 160 Titik Jakarta

Rabu, 13 Januari 2021 12:10 WIB
Warga DKI saat penerima bantuan sosial tunai di Jakarta.
Warga DKI saat penerima bantuan sosial tunai di Jakarta.

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Pembangunan Daerah Khusus Ibu kota Jakarta atau Bank DKI bersama Dinas Sosial DKI Jakarta kompak menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kepada 1.056.216 penerima manfaat secara bertahap. 

Kegiatan sosial ini dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat, pada Selasa, (12/1). 

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini menuturkan, besaran BST DKI sebesar Rp 300 ribu per bulan. Bantuan ini akan diberikan selama empat bulan, mulai Januari hingga April 2021. 

Baca juga : Hujan Ringan Diprediksi Rabu Pagi Di Sebagian Jakarta

“Bantuan ini diberikan untuk meringankan masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Bantuan akan disalurkan melalui rekening dan diberikan dalam bentuk Kartu Tabungan dan Kartu ATM Bank DKI,” ujar Herry dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/1). 

Herry menjelaskan, pelaksanaan penyaluran BST kepada 1.056.216 penerima manfaat dilakukan secara bertahap dan bergiliran dari satu wilayah ke wilayah lainnya di Jakarta. 

Ia menyebut, bantuan ini akan diberikan di 160 titik lokasi di Jakarta. Setiap lokasi, hanya melayani maksimal 500 orang penerima BST per hari. 

Baca juga : Kasus Suap Bansos, KPK Geledah Dua Rumah Di Jakarta

“Penerima bantuan akan menerima undangan paling lambat H-1 sebelum pelaksanaan distribusi dan undangan disampaikan oleh Kepala Satuan Pelaksana Tugas (Kasatpel) sosial hingga RT/RW untuk selanjutnya diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM),” terangnya. 

Setelah sampai di lokasi distribusi BST, lanjut Herry, penerima manfaat diwajibkan untuk mematuhi 3M, yakni menggunakan masker, mencuci tangan serta mengecek suhu tubuh dan menjaga jarak di dalam maupun di luar ruangan distribusi BST. 

Herry menambahkan, penerima BST wajib membawa undangan, KTP dan Kartu Keluarga. Jika penerima BST berhalangan hadir, penerima akan diundang kembali pada undangan kedua hingga undangan ketiga yang dilakukan setelah distribusi pertama selesai pada 5 wilayah DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu.

Baca juga : Kasus Suap Bansos, KPK Kembali Geledah Dua Kantor Di Jakarta

Herry pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung proses persiapan penyaluran BST, termasuk Jakarta Propertindo yang telah menyediakan fasilitas ruangan di Jakarta International Equestrian Park Pulomas  atas koordinasi penyaluran BST DKI ini. 

“Bentuk dukungan ini merupakan wujud nyata atas sinergi BUMD DKI Jakarta,” ujar Herry. 

Penyaluran BST ini merupakan kepercayaan yang diberikan Pemprov DKI Jakarta kepada Bank DKI atas pengalaman mendukung berbagai program kerja Pemprov DKI Jakarta lainnya, seperti Kartu Jakarta Pintar Plus, Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul, Kartu Lansia Jakarta, Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta dan Kartu Pekerja Jakarta serta berbagai program Pemprov DKI Jakarta lainnya. [FIK]      

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.