Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

381 Gardu Distribusi Berhasil Dinyalakan, PLN Gercep Pulihkan Listrik Di Manado

Minggu, 17 Januari 2021 10:36 WIB
Musibah banjir dan tanah longsor terjadi di Manado, Sulawesi Utara, akibat hujan berintensitas tinggi dan struktur tanah yang labil, Sabtu (16/1). (Foto: Humas BNPB)
Musibah banjir dan tanah longsor terjadi di Manado, Sulawesi Utara, akibat hujan berintensitas tinggi dan struktur tanah yang labil, Sabtu (16/1). (Foto: Humas BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - PLN melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Manado bertindak cepat dalam memulihkan pasokan aliran listrik di beberapa titik lokasi di Kota Manado dan sekitarnya, yang terganggu akibat musibah banjir pada Sabtu (16/1).

Hingga Minggu (17/1) pukul 07.00 WITA, PLN yang menerjunkan 102 personel untuk mengatasi situasi ini, telah berhasil menyalakan 381 gardu dari total 599 gardu yang terdampak. Masih ada 218 gardu yang belum menyala.

Sementara pelanggan yang terdampak, berjumlah 66.481. Sebanyak 42.291 pelanggan, kini tak lagi bermasalah. Sisanya, belum menyala.

Daerah-daerah yang masih dalam tahapan recovery meliputi daerah Tikala, Banjer, Komo, Pall 4, Wusa, Kampung Baru, Teep, Kayawu, Wailan, Watudambo, Kaima, Baypass, Minawerot, Paslaten, Kauditan, Kuala Batu, Ranowangko, Mangatasik, Popo, Pineleng, Warembungan, Sonder, Tareran, Tinoor, Paleloan, Urongo, Tandengan, Seretan, dan Tanggari.

Baca juga : PLN Gerak Cepat Pulihkan Kelistrikan Terdampak Gempa Di Mamuju Dan Majene

Masyarakat diimbau segera melaporkan potensi bahaya kelistrikan kepada PLN demi kenyamanan dan keselamatan bersama, bila menghadapi cuaca ekstrim.

Berikut saran PLN, agar tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di tengah musibah banjir: 

1. Masyarakat harus merelakan pemangkasan pohon yang mendekati jaringan PLN, yang berpotensi gangguan listrik saat hujan.

2. Matikan listrik dari Miniature Circuit Breaker (MCB) (apabila ada genangan air).

Baca juga : Jadi Atensi Presiden, PUPR Percepat Penanganan Longsor Di Sumedang

3. Cabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung. dengan stop kontak

4. Naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman. 

5. Masyarakat diminta segera melaporkan ke PLN, untuk penghentian pasokan tenaga listrik, apabila sudah terdapat potensi banjir, demi keselamatan masyarakat.

PLN akan mengupayakan penormalan terlaksana dengan cepat, dan berusaha mengantisipasi agar hal ini tidak terjadi kembali.

Baca juga : Alhamdulillah, 20 Ribu WNI Berhasil Dipulangkan Saat Pandemi

PLN juga akan terus menjaga, agar pasokan listrik tetap andal dan beroperasi secara optimal.

Masyarakat dapat melaporkan potensi bahaya dan gangguan kelistrikan melalui Contact center PLN 123 yang dapat diakses lewat telepon (kode area) 123, media sosial PLN 123, dan aplikasi smartphone PLN Mobile demi kemudahan layanan kapan saja di mana saja. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.