Dark/Light Mode

Kebangkitan UMKM Jadi Kunci Pemulihan Ekonomi Nasional

Minggu, 17 Januari 2021 15:02 WIB
Menteri Koperasi UKM Teten Masduki. (Foto: Kemenkop UKM)
Menteri Koperasi UKM Teten Masduki. (Foto: Kemenkop UKM)

 Sebelumnya 
Hasilnya, ungkap Teten, survei dampak program PEN terhadap UMKM yang dirilis Lembaga Demografi-LPEM FEB UI menunjukan bahwa program-program UMKM tersebut dirasakan manfaatnya oleh para pelaku UMKM.

Baca juga : Semoga Pemulihan Ekonomi Dapat Berjalan Lebih Cepat

"Mayoritas responden menggunakan dana program bantuan pemerintah untuk pembelian bahan baku (34 persen), pembelian barang modal (33 persen), dan pemenuhan kebutuhan pribadi (13 persen)," jelas Teten.

Baca juga : Sabam Sirait: Jadi Orang Pertama Divaksin Bukti Jokowi Mau Lindungi Rakyat

Khusus untuk Banpres Produktif Usaha Mikro, hasil survei KemenKop UKM dan TNP2K, menunjukkan bahwa hal yang baik pula. Sebanyak 97,15 persen penerima BPUM usahanya masih berjalan per November 2020 ini sesuai dengan tujuan program BPUM.

Baca juga : Pemerintah Gencarkan Donor Plasma Konvalesen

"Diperkuat dengan hasil survei BRI, di mana 44,8 persen usaha mikro yang masih beroperasi, kapasitas dan kinerja usahanya dapat meningkat. Sedangkan 51,5 persen usaha mikro yang usahanya tutup sementara, usahanya dapat kembali beroperasi," pungkasnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.