Dark/Light Mode

Telkom Ajak Netflix Berikan LayananTerbaik Kepada Masyarakat Indonesia

Senin, 18 Januari 2021 10:43 WIB
Gedung pusat Telkom Landmark Tower Jakarta.
Gedung pusat Telkom Landmark Tower Jakarta.

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Consumer Service Telkom, FM Venusiana R angkat bicara soal informasi yang disampaikan di website Netflix tentang adanya perbedaan perlakuan kecepatan saat diskusi terkait penyediaan layanan berkualitas sedang yang dilakukan B2B (Business to Business) antara dua Perusahaan. 

“Telkom menjamin tidak ada pembedaan perlakuan untuk semua Over-the-Top (OTT) termasuk Netflix ketika menggunakan Internet Exchange (IX) atau saluran bandwith internasional milik Telkom,” tegas Venu, Senin (18/1).

Operator pelat merah ini berharap, OTT asing seperti Netflix dapat menyimpan dan memproses datanya di Indonesia, bukan di luar negeri. 

Baca juga : Kolaborasi Pregnancy Plus dan Alodokter Tingkatkan Pelayanan Medis di Indonesia

Menurut dia, terdapat dampak negatif jika data center berada di luar negeri. Di antaranya, tidak ada kedaulatan data atau rawan disalahgunakan oleh pihak lain, cadangan devisa Indonesia semakin terkuras dan jika ada masalah teknis tidak dapat diselesaikan dengan cepat.

“Jika kondisi ini dibiarkan, belanja modal dan beban operasi hanya habis untuk peningkatan kapasitas jaringan demi Netflix saja. Ini semua ditanggung Telkom. Sementara Netflix tak ada upaya apapun, monopoli penggunaan bandwith sangat besar dan diskriminatif," ungkap Dian Rachmawan, Direktur Wholesale dan International Service Telkom.

Sejauh ini, kata Dian, Telkom sudah menawarkan solusi kerja sama kepada Netflix untuk menggunakan Content Delivery Network (CDN) atau jaringan pengiriman konten, namun sampai saat ini tidak ada tanggapan apapun dari pihak Netflix. 

Baca juga : PLN Gerak Cepat Pulihkan Kelistrikan Terdampak Gempa Di Mamuju Dan Majene

Solusi tersebut, bertujuan untuk mendukung upaya Pemerintah meningkatkan kontribusi pajak dari penyedia OTT dari luar negeri serta menjaga pelanggan  agar dapat menikmati seluruh layanan konten dengan nyaman dan berkualitas. 

“Sikap Netflix berbeda dengan yang mereka lakukan di negara asalnya. Kontribusi Netflix bagi perekonomian Indonesia sangat kecil, hanya lewat PPN dari pelanggannya. Sementara kita harus menambah kapasitas jaringan agar pelayanan terhadap pelanggan Telkom tetap terjaga,” keluhnya .

Kendati begitu, Telkom bersama layanan IndiHome tetap berkomitmen memenuhi kebutuhan digital masyarakat Indonesia, baik dari penyediaan akses konektivitas yang stabil hingga kebutuhan entertainment demi terwujudnya Indonesia Maju.[FIK]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.