Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sahkan Pengurus Baru, IPI Siap Pulihkan Pariwisata Nasional

Senin, 18 Januari 2021 12:14 WIB
Pelantikan pengurus IPI. (Foto: ist)
Pelantikan pengurus IPI. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Insan Pariwisata Indonesia (IPI) mengapresiasi langkah dan kebijakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno yang sedang berusaha mempercepat pemulihan pariwisata Indonesia yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

Organisasi yang beranggotakan para pelaku industri pariwisata dan usaha mikro keci menengah (UMKM) ini siap menjadi motor untuk membangkitkan industri pariwisata nasional. 

“IPI harus menjadi bagian terdepan dalam pemulihan industri pariwisata dengan melakukan inovasi baru, pendekatan baru dan protokol CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety and Environmental Sustainability),” ungkap Pembina Insan Pariwisata Indonesia (IPI), Guntur Subagja Mahardika, Senin (18/1).

Guntur mengatakan, ada harapan baru kebangkitan pariwisata pasca reshuffle kabinet dengan dipilihnya Sandiaga Uno sebagai Menparekraf. “Kami mengapresiasi Pak Menteri Sandiaga Uno yang bergerak cepat untuk memetakan permasalahan dan berupaya mencari solusinya agar industri pariwisata kembali hidup dan menjadi lokomotif perekonomian nasional,” tutur Guntur.

Baca juga : Kebangkitan UMKM Jadi Kunci Pemulihan Ekonomi Nasional

Sektor pariwisata adalah industri yang melibatkan berbagai sektor kegiatan ekonomi. Selain pelaku industri pariwisata itu sendiri, juga melibatkan ekonomi kreatif, UMKM, pertanian dan perikanan, transportasi, dan sektor-sektor lainnya. Guntur mengajak anggota IPI untuk mampu mencipatakan lapangan kerja yang besar. 

“Saat ini ada 64 juta UMKM yang menyerap lapangan kerja sekitar 107 juta orang, namun sebagian besar mereka terdampak pandemi shg mengakami PHK, di rumahkan, bahkan usahanya tutup. IPI bersama-sama sektor lainnya harus memulai membangkitkan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja,” ujarnya.

Salah satunya, IPI dapat mengembangkan wisata desa. Menurut dia, Wakil Presiden Maruf Amin memiliki program Dewa Dewi, yaitu Desa Wisata Agro dan Desa Wisata Industri. 

Sektor ini dapat menghidupkan ekonomi desa dan melahirkan lapangan kerja bagu warga setempat dan menghidupkan UMKM,” kata Guntur yang juga Asisten Staf Khusus Wakil Presiden.

Baca juga : Benamkan Teknologi Nanoe X, Kolaborasi Panasonic dan Grab Beri Rasa Nyaman

Ketua Umum IPI, I Gede Susila Wisnawa menjelaskan, IPI merupakan suatu wadah bagi para pelaku pariwisata untuk saling membantu promosi, bertukar informasi, menggali dan mempopulerkan potensi kearifan budaya lokal agar lebih popular di Indonesia khususnya dan internasional pada umumnya. Ini dalam rangka membantu program pemerintah dalam bidang pariwisata, dengan tetap berlandaskan pada aturan UUD 1954.

Untuk diketahui, pada Sabtu (16/1), Pengurus DPP IPI Periode 2020-2025 dikukuhkanyang oleh Ketua Umum I Gede Susila Wisnawa, di Hotel Bidari, Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

IPI adalah organisasi nasional yang  dikukuhkan dan didirikan di Sidoarjo, Jawa Timur pada hari Selasa tanggal 07 April 2015 dan disahkan melalui SK KEMENKUMHAM RI Nomor AHU AHU- 0001281.AH.01.08.Tahun 2020. 

“IPI adalah organisasi sosial profesi bidang kepariwisataan yang baru berdiri empat tahun tapi kami siap berkontribusi untuk pembangunan bangsa dan negara, khususnya industri pariwisata nasinal,” kata Gede.

Baca juga : Selesaikan Pandemi, Menteri Sandi Ajak Insan Pariwisata Ikut Vaksinasi

Anggota IPI adalah individu dan mitra usaha yang bergerak di bidang usaha pariwisata dan UMKM. Kini IPI memiliki kepengurusan daerah di 10 provinsi dan tahun ini akan bertambah menuju kepengurusan di semua provinsi Indonesia. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.