Dark/Light Mode

BI: Pembiayaan Korporasi Mulai Menggeliat

Senin, 18 Januari 2021 14:22 WIB
Pembiayaan perbankan/Ilustrasi (Foto: Khairizal Anwar/RM)
Pembiayaan perbankan/Ilustrasi (Foto: Khairizal Anwar/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Indonesia (BI) memprediksi, kebutuhan pembiayaan korporasi terindikasi meningkat pada triwulan I-2021, terutama untuk mendukung aktivitas operasional. Hal ini terlihat dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) kebutuhan pembiayaan korporasi pada 3 bulan mendatang sebesar 17,1 persen.

"(Terjadi) peningkatan kebutuhan pembiayaan, terutama pada sektor industri pengolahan, konstruksi, dan perdagangan," jelas Direktur Eksekutif/Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono, dalam keterangan, Senin (18/1).

Baca juga : BNPB: Gempa Sulbar Tewaskan 73 Orang, 64 Di Mamuju, 9 Di Majene

Ia menerangkan, kebutuhan pembiayaan korporasi tersebut sebagian direncanakan menggunakan kredit bank. Namun, sebagian lainnya akan dipenuhi dari dana sendiri (laba ditahan).

Penambahan pembiayaan yang dilakukan rumah tangga pada 3 dan 6 bulan yang akan datang diindikasikan masih terbatas. Kebutuhan pembiayaan rumah tangga tersebut terutama akan diajukan kepada bank umum, dengan jenis pembiayaan yang diajukan mayoritas berupa Kredit Multi Guna (KMG). 

Baca juga : Holding BUMN Untuk Pembiayaan UMKM Bakal Mudahkan Pelaku Usaha

"Dari sisi penawaran perbankan, penyaluran kredit baru diperkirakan akan mulai meningkat pada awal 2021," ujarnya.

Hal tersebut terindikasi dari SBT perkiraan penyaluran kredit baru Januari 2021 sebesar 53,1 persen. Angka ini lebih tinggi dibandingkan SBT perkiraan penyaluran kredit baru Desember 2020, yang sebesar 42,8 persen. 

Baca juga : BI: Kinerja Industri Pengolahan Mulai Membaik

Berdasarkan kelompok bank, peningkatan diperkirakan terjadi pada bank umum syariah dan bank umum. Sementara, berdasarkan jenis penggunaan peningkatan, tertinggi terjadi pada Kredit Modal Kerja (KMK) dan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.