Dark/Light Mode

Wamen Tiko Beberkan 3 Manfaat Holding BRI, Pegadaian, Dan PNM

Senin, 18 Januari 2021 19:17 WIB
Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo (Foto: Instagram)
Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo blak-blakan soal pembentukan holding BUMN untuk pembiayaan dan pemberdayaan Ultra Mikro (UMi) yang melibatkan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), PT Pegadaian, dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM).

Menurut Tiko-sapaan Kartika, ada tiga hal utama yang akan muncul dari kehadiran holding BUMN untuk UMi. Pertama, integrasi BUMN pada holding ini diharap menciptakan efisiensi biaya dana (cost of fund) dari BUMN terlibat. “Dengan sinergi BRI, Pegadaian, dan PNM cost of fund dari ekosistem ini bisa lebih rendah,” ujarnya dalam diskusi daring bertajuk Kebangkitan UMKM untuk Mendorong Perekonomian Nasional, Senin (18/1)

Berita Terkait : Holding Bakal Kerek Daya Saing Dan Industri Pariwisata

Kedua, sinergi jaringan. Sehingga ekspansi usaha bisa dilakukan dengan biaya yang lebih murah. Sehingga cost of serve dan acquire customer bisa menjadi lebih murah.

Ketiga, kata dia, kehadiran holding BUMN untuk UMi diproyeksi menghasilkan sinergi digitalisasi dan platform pemberdayaan pelaku usaha kecil di Indonesia. Sinergi ini akan menghadirkan pusat data UMKM yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber data UMKM dalam skala nasional.

Baca Juga : Kejar Target, Pelindo III Kebut Pembangunan Terminal Multipurpose Labuan Bajo

Menurut Tiko, kehadiran pusat data UMKM ini dapat banyak membantu pemerintah sehingga nantinya berbagai program untuk UMKM bisa dieksekusi secara lebih tepat sasaran. Pembentukan holding BUMN untuk UMi disebutnya menjadi salah satu cara Kementerian BUMN untuk mengakselerasi akses keuangan formal UMKM di Indonesia.

Ia menegaskan, UMKM adalah engine economy yang sangat besar. Karena itu kami sangat fokus mendukung berbagai effort meningkatkan kapasitas, akses keuangan dan pasar terhadap UMKM. 

Baca Juga : Warga Depok Dan Tasikmalaya Paling Bandel, Ogah Jaga Jarak Dan Pakai Masker

"Kami yakin pasca pandemi ini peranan BUMN untuk meningkatkan akses UMKM dapat ditingkatkan lebih tajam lagi, terutama dengan adanya nanti integrasi layanan ultra mikro di ekosistem BRI, Pegadaian, dan PNM," ucapnya. [DWI]