Dark/Light Mode

Telkom Berikan Kemudahan Layanan JKN Dan KIS Untuk Rakyat

Selasa, 19 Januari 2021 22:45 WIB
Direktur Enterprise dan Business Service Telkom, Edi Witjara (tengah) bersama Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Kemal Imam Santoso (ketiga dari kiri) usai penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) optimalisasi penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS)  di Jakarta.
Direktur Enterprise dan Business Service Telkom, Edi Witjara (tengah) bersama Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Kemal Imam Santoso (ketiga dari kiri) usai penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) optimalisasi penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Jakarta.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) melakukan kerja sama untuk memberikan pelayanan kesehatan optimal kepada masyarakat. Nantinya, layanan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) akan lebih mudah dan transparan.

Direktur Enterprise dan Business Service Telkom, Edi Witjara mengungkapkan apresiasi atas kepercayaan BPJS Kesehatan kepada Telkom Group sebagai penyedia layanan digitalisasi guna mendukung peningkatan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 

“Sebagai BUMN yang memiliki core competence di bidang Information and Communication Technology (ICT) mulai dari cloud, managed service, data center, payment system, monitoring system, satellite operation, dan masih banyak lagi. Telkom Group siap mendukung digital revolution BPJS Kesehatan dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang, khususnya untuk layanan kesehatan masyarakat, sehingga masyarakat dapat menikmati kemudahan layanan kesehatan,” ujar Edi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (19/1). 

Baca Juga : Keluarga Minta Harun Masiku Serahkan Diri Ke KPK

Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan, Kemal Imam Santoso mengatakan, kerja sama ini diharapkan dapat mengoptimalkan implementasi program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) kedepannya. 

“BPJS Kesehatan tidak dapat berjalan sendiri dalam menyelenggarakan JKN-KIS. Maka itu, perlu dukungan Telkom. Karena sejatinya, program jaminan kesehatan ini adalah wujud pengabdian kepada negara dan masyarakat Indonesia,” tegas Kemal.

Adapun ruang lingkup sinergi Telkom dan BPJS Kesehatan ini meliputi perluasan kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di lingkungan TelkomGroup serta kemitraan strategis dalam rangka pengembangan produk bersama melalui kajian layanan dan kemanfaatan, di antaranya joint development untuk pengembangan data analytics dan fasilitas payment gateway untuk pembayaran iuran program JKN-KIS.

Baca Juga : Dorong Petani Makin Produktif, PLN Dan BRI Sediakan Layanan Electrifying Agriculture

Diharapkan, kerja sama ini dapat membuka peluang sinergi dalam bidang lain yang akan mendukung kelancaran penyelenggaraan program JKN-KIS dengan tetap berlandaskan pada koridor perundang-undangan yang berlaku. 

Kedepannya, kerja sama ini diharapkan dapat semakin meningkatkan kualitas pelayanan kedua belah pihak, baik di tingkat nasional maupun global sehingga dapat memberikan best service serta mendukung kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat. 

Sebagai informasi, Perjanjian Kerja Sama (PKS) pelayanan kesehatan masyarakat ini ditandatangani oleh Direktur Enterprise dan Business Service Telkom, Edi Witjara dan Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan, Kemal Imam Santoso di Jakarta. 

Baca Juga : KPK Lelang Tanah Eks Bupati Lamsel Zainudin Hasan Rp 4,3 M

Kerja sama ini menjadi upaya bersama untuk memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing pihak guna tercapainya optimalisasi penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dengan tetap memperhatikan prinsip Good Corporate Governance (GCG) serta ketentuan perundang-undangan.[FIK]