Dark/Light Mode

UU Ciptaker Beri Kemudahan dan Perlindungan Bagi KUMKM

Senin, 4 Januari 2021 22:28 WIB
UU Ciptaker Beri Kemudahan dan Perlindungan Bagi KUMKM

RM.id  Rakyat Merdeka - Kehadiran UU Cipta Kerja untuk mendorong peningkatan investasi. Sehingga, akan mampu menciptakan lapangan kerja baru, dengan tetap memberikan perlindungan dan kemudahan bagi UMKM dan koperasi.

Hal itu dikatakan Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM Bidang Hubungan Antar Lembaga Luhur Pradjarto, pada acara Refleksi 2020 dan Outlook 2021, di Jakarta, belum lama ini.

Baca Juga : Izin Vaksin Covid-19 Dari BPOM Keluar Januari 2021

"Di satu sisi, UU Ciptaker memberikan ruang dan kesempatan yang luas bagi transformasi digital koperasi dan UMKM serta transformasi UMKM informal ke formal," kata Luhur.

Sehingga, lanjut Luhur, akan berkembang koperasi-koperasi keren dan modern, serta UMKM naik kelas.

Baca Juga : Andi Irfan Jaya: Saya Sarjana Musik, Nggak Ngerti Hukum

Namun, Luhur menambahkan, koperasi dan UMKM saat ini masih menghadapi hambatan untuk menjadi Koperasi Keren dan UMKM naik kelas. Diantaranya, kurangnya minat masyarakat untuk berkoperasi, belum melakukan digitalisasi koperasi, belum adanya transparansi, dan SDM yang lemah.

"Itu beberapa faktor penghambat perkembangan Koperasi Keren dan Modern," ujar Luhur.

Baca Juga : Sakit, Dirut PT Hakaaston Tak Penuhi Panggilan KPK

Belum lagi dengan hambatan yang dihadapi UMKM untuk naik kelas. Antara lain, banyaknya izin yang harus dipenuhi pelaku UMK seperti SIUP, IUMK, NIB, dan IUI.

Meski begitu, Luhur mengajak seluruh elemen masyarakat khususnya koperasi dan UMKM untuk mendukung UU Ciptaker. "UU Ciptaker merupakan kado bagi koperasi dan UMKM," kata Luhur.
 Selanjutnya