Dark/Light Mode

Penting Untuk Mencegah Pemalsuan

Stakeholder Bandara Soekarno-Hatta Teken MoU Digitalisasi Surat Hasil Tes Covid-19

Kamis, 21 Januari 2021 15:27 WIB
Penting Untuk Mencegah Pemalsuan Stakeholder Bandara Soekarno-Hatta Teken MoU Digitalisasi Surat Hasil Tes Covid-19

 Sebelumnya 
Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan, digitalisasi surat tes Covid-19 dilakukan lewat aplikasi eHAC yang dimiliki Kementerian Kesehatan.

Secara sederhana, implementasi digitalisasi surat hasil tes dapat dijelaskan sebagai berikut: Calon penumpang melakukan tes COVID-19 di fasilitas kesehatan [faskes] yang sudah teregistrasi di aplikasi eHAC, seperti Airport Health Center di Bandara Soekarno-Hatta.

 “Setelah dilakukan tes, faskes mengirim hasil tes yang menyatakan negatif ke eHAC calon penumpang. Kemudian, calon penumpang mendapat QR Code di aplikasi eHAC,” ujar Agus Haryadi.

Baca juga : AP II Dan Polres Bandara Soetta Bongkar Sindikat Pemalsu Surat Bebas Covid-19

QR Code di eHAC tersebut ditunjukkan calon penumpang di konter check in, untuk diperiksa petugas maskapai.

Petugas maskapai juga akan ada di titik Security Check Point 2 [SCP 2] untuk memeriksa QR Code bagi calon penumpang, yang melakukan self check in atau web check in.

“Infrastruktur pendukung sudah siap. Di setiap konter check in dan di SCP 2, dipastikan ada alat pembaca QR Code bagi petugas maskapai,” ujar Agus Haryadi.

Baca juga : Untuk Tes Covid, Bandara Soekarno-Hatta Resmi Diperkuat Laboratorium Biosafety Level-2

Sementara Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Soekarno-Hatta Mohammad Alwi menuturkan, bentuk kolaborasi antar stakeholder di Bandara Soekarno-Hatta antara lain diwujudkan dengan menghadirkan digitalisasi dokumen kesehatan.

Hal ini diharapkan dapat menghalau praktik pemalsuan dokumen hasil tes Covid-19, agar tidak berulang kembali. Serta menjaga kepercayaan masyarakat terhadap transportasi udara.

“Calon penumpang pesawat harus melakukan tes COVID-19 sesuai yang dipersyaratkan, ini untuk menjaga agar transportasi udara tetap sehat, aman dan nyaman dalam bepergian". ujar Alwi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.