Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

AP II Dan Polres Bandara Soetta Bongkar Sindikat Pemalsu Surat Bebas Covid-19

Senin, 18 Januari 2021 20:05 WIB
Pemeriksaan kesehatan di Bandara Soetta. (Foto: ist)
Pemeriksaan kesehatan di Bandara Soetta. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura II (Persero) mengapresiasi dan berterima kasih kepada jajaran Polres Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) yang telah membongkar sindikat pemalsu surat keterangan hasil tes Covid-19.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Yusri Yunus mengatakan, pengungkapan kasus ini juga merupakan kolaborasi antara stakeholder Bandara Soetta; Kementerian Perhubungan, Aviation Security Bandara Soetta, TNI, dan institusi lainnya. 

Kapolres Bandara Soetta, Kombes Pol Adi Ferdian Saputra mengatakan, sinergi perlu dilakukan bersama-sama seluruh stakeholder agar kejadian pemalsuan surat ini tidak berulang. “Sebetulnya sistem sudah bagus, tetapi oknum selalu mencari peluang. Agar bersama-sama kita bersinergi,” jelas Adi. 

Executive General Manager Bandara Soetta, Agus Haryadi mengatakan, AP II mendukung penuh Polres Bandara Soetta dalam memberikan rasa aman kepada para penumpang pesawat, yang diantaranya direlisasikan dengan memberantas sindikat surat palsu hasil tes Covid-19.

Menurut Agus, Polres Bandara Soetta merupakan salah satu unsur yang memperkuat aspek keamanan di Bandara Soetta untuk memberantas tindakan yang dapat merugikan bagi penumpang pesawat dan pengunjung bandara.

Baca juga : Partai Emas Dukung Program Vaksinasi Covid-19

"Kami sangat mengapreasi dan berterima kasih kepada jajaran Polres Bandara Soekarno-Hatta yang telah membongkar adanya oknum dan sindikat surat keterangan palsu,” ujarnya. 

Dia juga mengecam pemalsuan surat tes Covid-19 ini. Dia pastikan, tidak ada karyawan AP II yang menjadi oknum atau bergabung di sindikat ini.

Agus menjelaskan,surat keterangan hasil tes Covid-19 harus dimiliki oleh calon penumpang pesawat setelah benar-benar melakukan tes Covid-19 di fasilitas kesehatan, dan setibanya di Bandara Soetta surat keterangan tersebut akan divalidasi oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes).

AP II tidak mentolerir oknum yang melakukan perbuatan melawan hukum seperti menawarkan, membuat, dan memberikan surat palsu tes Covid-19 kepada calon penumpang pesawat di Bandara Soetta.

“Kami mengajak seluruh stakeholder di Bandara Soekarno-Hatta untuk merapatkan barisan dan meningkatkan kewaspadaan untuk tidak memberi ruang bagi surat palsu tes Covid-19,” ujar Agus.

Baca juga : Ubah Layanan Faskes, Solusi Cepat Tangani Kekurangan Ruang Rawat Pasien Covid-19

Validasi Digital

Sebagai bagian dari upaya meningkatkan kewaspadaan, saat ini AP II dan Kementerian Kesehatan tengah berkoordinasi untuk menerapkan secara masif pemeriksaan surat keterangan hasil tes Covid-19 secara digital melalui aplikasi eHAC. 

Setiap calon penumpang pesawat yang melakukan tes Covid-19 di fasilitas kesehatan yang terdaftar di eHAC milik Kementerian Kesehatan akan dapat melakukan validasi surat keterangan hasil tes secara digital oleh KKP Kemenkes untuk mendapatkan barcode. Kemudian, barcode tersebut bisa ditunjukkan langsung di konter check in di bandara.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan-Bandara Soetta (KKP Kemenkes), Darmawali Handoko menuturkan, validasi digital surat hasil tes Covid-19 melalui eHAC akan dilakukan penuh Februari 2021.

Di samping itu, Agus menuturkan, saat ini AP II juga tengah membangun sistem Airport ID bagi penumpang pesawat di Bandara Soetta untuk mendukung terpenuhinya protokol kesehatan termasuk terkait persyaratan tes Covid-19. 

Baca juga : Perawat Tanpa STR Boleh Tangani Pasien Covid-19

Di Bandara Soetta saat ini sudah terdapat 8 titik Airport Health Center untuk tes Covid-19, dengan 3 alternatif layanan yaitu Pre-order service, drive thru service, dan walk in service.

Surat hasil dari setiap tes Covid-19 yang dilakukan di Airport Health Center juga dapat dikirimkan ke aplikasi eHAC di smartphone calon penumpang pesawat untuk dilakukan validasi oleh KKP Kemenkes dan mendapatkan barcode untuk ditunjukkan di konter check in. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.