Dark/Light Mode

Siloam Siapkan Layanan BedahJantung Terbuka Di Balikpapan

Sabtu, 23 Januari 2021 23:21 WIB
Hospital Director Siloam Hospital Balikpapan dr. Danie Poluan saat konferensi pers fasilitas baru bedah jantung terbuka, di Balikpapan, Kalimantan Timur. (Foto: Ist)
Hospital Director Siloam Hospital Balikpapan dr. Danie Poluan saat konferensi pers fasilitas baru bedah jantung terbuka, di Balikpapan, Kalimantan Timur. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Siloam Hospital Balikpapan (SHBP) di Kalimantan Timur telah menambah layanan fasilitas baru yakni bedah jantung terbuka. Langkah itu dilakukan mengingat penyakit jantung masih menjadi penyebab tertinggi kasus kematian di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Hospital Director Siloam Hospital Balikpapan dr. Danie Poluan memastikan layanan bedah jantung yang ada di SHBP tidak kalah dengan layanan di tempat lain.

"Kami telah menyiapkan tim medis yang berkompeten dan handal dalam bidang tersebut," kata Danie dalam keterangan persnya, Sabtu (23/1).

Adapun fasilitas rumah sakit tersebut telah diresmikan oleh Walikota Balikpapan Rizal Efendi sejak 23 November tahun lalu. Diharapkan dengan adanya pelayanan ini, masyarakat Balikpapan tidak perlu lagi ke luar kota ataupun ke luar negeri untuk melakukan operasi jantung.

Baca juga : Siswa Non Muslim Diwajibkan Berhijab, DPR: Jangan Berlebihan

Diterangkan Danie, selama masa pandemi Covid-19, tindakan operasi, khususnya bedah jantung terbuka, di SHBP tetap bisa dilakukan dengan aman dan tepat. Jaringan rumah sakit Siloam menjalankan protokol kesehatan bagi pasien, tenaga medis, dan seluruh pekerja yang ada di rumah sakit untuk memastikan keamanan dan kesehatan bersama.

"Masyarakat jangan merasa takut untuk menjalani operasi jantung karena kesehatan jantung adalah kondisi kesehatan yang harus segera ditangani secara cepat dan tepat," terangnya.

Dia menambahkan, Siloam Hospital Balikpapan tetap melayani dan menjawab kebutuhan masyarakat yang memerlukan tindakan operasi jantung, pelayanan konsultasi, penjadwalan bedah jantung, persiapan, rujukan serta tindakan lainnya.

"Kami akan terus memastikan pasien bisa mendapatkan penanganan penyakit jantung secara optimal," tegasnya.

Baca juga : Lahan Pemakaman Covid Makin Terbatas, Ayo Disiplin Protokol Kesehatan!

Pekan lalu Siloam Hospital Balikpapan telah berhasil melaksanakan pelayanan bedah jantung terbuka pertama di kota Balikpapan. Jenis operasi yang dilakukan adalah operasi Coronary Artery Bypass Graft (CABG) atau yang lebih lazim disebut Operasi Bypass Jantung Koroner.

Secara sederhana, prosedur CABG digambarkan sebagai pembuatan jalur baru (bypass) di sekitar arteri yang tersumbat. Jalur baru dibutuhkan agar aliran darah menjadi lancar sehingga otot jantung cukup mendapatkan nutrisi dan oksigen. Operasi ini dilakukan pada Pria berusia 50 tahun dengan kasus Penyakit Jantung Koroner. Ruang Bedah (Operating Theater) Siloam Hospital Balikpapan menjadi tempat pelaksanaan bedah jantung terbuka ini.

Ketua Tim Operasi adalah dr. Ivan Joalsen Mangaratua yang juga menjadi operator utama, didampingi oleh dokter spesialis anestesi dr.Teddy Ferdinand. Selain itu dalam proses perawatan, pasien ditangani oleh dokter-dokter spesialis lain yang ahli di bidangnya. Seluruh tahapan operasi berjalan lancar tanpa kesulitan yang berlangsung selama 5 jam.

Setelah operasi selesai, pasien dipindahkan ke Ruang Intensive Cardiac Care Unit (ICCU) untuk diobservasi. Selama di Ruang ICCU, fase pemulihan cukup cepat dan kondisi pasien semakin stabil. Fase pemulihan berikutnya dilaksanakan di lantai 8 ruang perawatan Siloam Hospital Balikpapan.

Baca juga : Telkom Hadirkan Tayangan Olahraga Bergengsi Yang Aman Di Rumah

Setelah 5 hari proses pemulihan, pasien diperbolehkan untuk pulang dari rumah sakit dengan kondisi yang baik. "Kami harapkan kesuksesan operasi pertama ini akan kami teruskan untuk kasus-kasus operasi jantung berikutnya. Kami sampaikan penghargaan dan terima kasih kepada seluruh  tim yang terlibat sehingga operasi ini terlaksana dengan hasil yang baik," ungkapnya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.