Dark/Light Mode

Holding BUMN Buka Akses Pembiayaan Mikro Lebih Cepat

Senin, 8 Februari 2021 19:24 WIB
Ilustrasi UMKM. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi UMKM. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Sementara itu, Ekonom Universitas Indonesia (UI), Ninasapti Triaswati menilai, holding BUMN untuk UMi berpotensi besar membawa dampak positif terhadap upaya memajukan UMKM. Meski begitu, holding BUMN untuk UMi diharap memiliki rencana strategis yang tepat nantinya. “Kehadiran holding BUMN dapat memiliki potensi untuk berkontribusi positif dalam memajukan UMKM," ucapnya.

Namun, kontribusi positif tersebut sangat tergantung dari rencana strategis yang disusun, dan berbagai program yang diturunkan dari rencana strategis tersebut, serta tingkat efektivitas dari implementasi berbagai program tersebut.

Baca juga : Tokomodal Salurkan Pembiayaan Lebih Dari Rp 800 Miliar

Pembentukan holding dengan melibatkan tiga BUMN ini diyakini membuat efisiensi tercipta dalam hal pemberdayaan UMi dan UMKM.

Menteri BUMN Erick Thohir sempat menyampaikan upaya pemerintah mengintegrasikan semua badan usaha agar proses pemulihan ekonomi berjalan cepat.

Baca juga : Mulai 10 Februari, Perjalanan KAI Jadi Lebih Singkat

Salah satunya, rencana holding yang akan dibentuk adalah holding ultra mikro. "Transformasi sektor keuangan melalui Holding Ultra Mikro ini akan memperkuat ketahanan ekonomi, menciptakan pertumbuhan ekonomi lebih berkualitas, mengurangi ketimpangan dan meningkatkan kualitas nasabah UMKM dalam rangka keuangan inklusif," imbaunya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.