Dark/Light Mode

Dukung Donor Plasma BUMN, Telkom Hidupkan Layanan Call Center 117

Selasa, 9 Februari 2021 16:58 WIB
Menteri BUMN, Erick Thohir (kedua kiri) saat launching program Plasma BUMN Untuk Indonesia, bersama Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla, Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, Direktur Human Capital Management Telkom,  Afriwandi (tengah belakang), serta  direksi perusahaan BUMN di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Senin (8/2).
Menteri BUMN, Erick Thohir (kedua kiri) saat launching program Plasma BUMN Untuk Indonesia, bersama Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla, Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, Direktur Human Capital Management Telkom, Afriwandi (tengah belakang), serta direksi perusahaan BUMN di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Senin (8/2).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk berkomitmen mendukung penuh program Plasma BUMN Untuk Indonesia yang digagas Menteri BUMN, Erick Thohir serta Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen. 

Salah satu wujud nyata dukungan Telkom adalah dengan menghadirkan layanan call center 117 ext 5. Layanan ini bekerja sama dengan Satgas Penanganan Covid-19 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan PMI. 

Call center ini mulai beroperasi sejak 8 Februari 2021 untuk menerima inbound call dari masyarakat yang ingin mengetahui informasi terkait donor plasma konvalesen, memudahkan masyarakat yang secara sukarela ingin mendaftarkan diri sebagai pendonor, serta outbond call untuk mencari calon pendonor.

Baca juga : Bank Mandiri Kembangkan Layanan Kustodian Dan Trustee

Direktur Enterprise dan Business Service Telkom, Edi Witjara mengatakan, hingga saat ini penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional menjadi fokus Pemerintah yang terus diupayakan dengan berbagai cara. 

Adanya call center 117 ext 5 ini akan memudahkan masyarakat untuk mengetahui lebih dalam mengenai plasma konvalesen dan mendaftar jika ingin menjadi pendonor. 

Selanjutnya,  akan dipandu hingga proses donor di UDD (Unit Donor Darah) PMI yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. 

Baca juga : Kepala Badan Siber Hinsa Jamin Keamanan Data Center Nasional

Diharapkan, layanan  ini dapat mempercepat proses pengumpulan donor plasma konvalesen yang dapat menolong masyarakat yang terdampak Covid-19.”

Lebih lanjut Edi menyampaikan, bahwa call center plasma konvalesen memiliki operator dan verifikator yang telah dibekali pelatihan soft skill dari Infomedia selaku anak usaha Telkom dan hard skill dari PMI dan BNPB. 

Lokasi call center bertempat di Kantor BNPB Jalan Pramuka, Jakarta Timur, yang difasilitasi dengan jaringan internet serta kelengkapan perangkat seperti work station, PC (Personal Computer), headset dan lainnya.

Baca juga : Dukung UMKM, Bank Mandiri Andalkan Layanan Mandiri Pintar Dan Sistem Warung

Transfusi plasma Konvalesen merupakan salah satu terapi tambahan untuk mengobati pasien Covid-19 bergejala berat dan kritis, sebagai upaya meningkatkan angka kesembuhan dan menekan angka kematian pada pasien Covid-19. 

Adapun syarat pendonor antara lain, penyintas Covid-19 yang sudah negatif dalam kurun waktu 14 hari sampai dengan 3 bulan sejak dinyatakan negatif, berusia 18-60 tahun, berat badan lebih dari 55 kilogram, diutamakan pria, tidak menerima tranfusi darah selama 6 bulan terakhir, memiliki surat keterangan sembuh dari dokter dan bebas keluhan minimal 14 hari. 

Sebelumnya, Menteri BUMN RI Erick Thohir melaunching program Plasma BUMN Untuk Indonesia, di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta (8/2).  Program yang digelar di 34 provinsi ini merupakan wujud konsistensi Kementerian BUMN dan perusahaan BUMN untuk melawan Covid-19 di Indonesia.[FIK]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.