Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pandai Apresiasi Kerja Pemerintah

Tol Trans Sumatera Bangkitkan Ekonomi Masyarakat Daerah

Rabu, 3 Februari 2021 09:55 WIB
Ketua Umum Pandai, Farhat Abbas
Ketua Umum Pandai, Farhat Abbas

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Negeri Daulat Indonesia (Pandai) Farhat Abbas menyambut positif pembangunan Tol Trans Sumatera. “Pembangunan ini sejarah baru untuk masyarakat Sumatera. 

Sarat dengan nilai keadilan, di samping nilai ekonomi,” kata Farhat di Kantor DPP Pandai, Jakarta, kemarin 

Farhat menilai, gagasan besar pembangunan Tol Trans Sumatera untuk menciptakan koneksivitas antardaerah dan antarkota dalam kurun waktu yang relatif lebih singkat, atau cepat. 

Baca juga : Soal Kebijakan Pemerintah, Luhut Kadang Dikritik Anak Cucu

Tol ini akan membuat gerak arus lalu lintas barang dan mobilisasi penduduk jauh lebih cepat, produktif dan aman dari potensi kriminalitas. 

Menurut pengacara ini, pertimbangan percepatan arus lalu lintas barang sejalan dengan Sumatera, yang merupakan sentra hasil perkebunan dengan beragam jenis. 

Diketahui, Sumatera Selatan (Sumsel) merupakan produsen karet di Indonesia. Ada juga hasil perkebunan lainnya, seperti sawit, kopi, kelapa dan lada. 

Baca juga : Pemerintah Terus Edukasi Masyarakat Soal Bahaya Daging Anjing

Semua itu merupakan produk unggulan dari daerah Sumsel. Menurut mantan Calon Legislatif (Caleg) ini, kehadiran Tol Palembang-Bakauheni berpotensi menimbulkan perkembangan volume ekspor. 

Secara prediktif, perkembangannya bisa mencapai tiga kali lipat atau 300 persen, sebagaimana efisensi waktu mencapai 75 persen. 

Selain itu, keberadaan tol ini memberikan dampak konstruktif secara ekonomi bagi para petani lokal. Juga, berimbas positif untuk para pihak yang terlibat langsung atau tidak pada kegiatan pertanian atau perkebunan. 

Baca juga : TNI Bakal Turun Tangan Demi Edukasi Masyarakat

“Imbas ini berkorelasi positif untuk seluruh penduduk pedesaan agar lebih enjoytinggal di daerah. Daripada harus urbanisasi ke wilayah perkotaan, dengan nasib yang belum menentu,” kata Farhat. 

Dia pun menegaskan, kebangkitan ekonomi daerah merupakan penyangga ekonomi nasional. Boleh jadi, ketika ekonomi di level pusat sedang dihadapkan pada krisis, tidak berarti akan meloyokan kondisi ekonomi daerah. Inilah makna strategis penguatan ekonomi daerah penyangga. 

“Kehadiran Tol Trans Sumatera harusnya direspons seluruh daerah untuk merancang bangun area wisata. Letaknya diusahakan tak jauh dari area tol,” saran Farhat. [REN]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.