Dark/Light Mode

September 2021, UMKM Indonesia Pameran di Finlandia

Furnitur Jati Indonesia Tembus Pasar Nordik

Kamis, 18 Februari 2021 14:14 WIB
Sejumlah produk kayu jati asal Indonesia yang dijual di Finladia. Pengrajin yang membuatnya berasal dari Solo dan Yogyakarta. (Foto: ist)
Sejumlah produk kayu jati asal Indonesia yang dijual di Finladia. Pengrajin yang membuatnya berasal dari Solo dan Yogyakarta. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Furnitur Indonesia ternyata bisa menembus kawasan Nordik. Ini tentu prestasi luar biasa. Tidak mudah membawa produk ke kawasan Nordik yang dikenal dunia sebagai produsen furnitur yang modern dan fungsional.

Lihat saja IKEA. Sudah mendunia, dan masuk ke Indonesia sejak 2014. Produk furnitur dari Swedia itu, kini digandrungi konsumen di Tanah Air. Nah, upaya Pemerintah Indonesia patut diacungi jempol, berhasil membawa furnitur kayu jati masuk ke Finlandia, salah satu negara di kawasan Nordik.

Baca juga : DBS Indonesia Raih `Best Employers in Indonesia 2020` dari Kincentric

Dua hari lalu, 16 Februari 2021, Duta Besar Ratu dan tim KBRI Helsinki di Finlandia, mengunjungi Sasu’s Playhouse, toko furnitur yang terletak di Kota Porvoo, sekitar 52 Kilometer dari Ibu Kota Finlandia. Toko ini berusia 20 tahun, dan menjual produk-produk furnitur dari kayu jati yang dikerjakan oleh artisan dari Solo dan Yogyakarta. 

Sasu Heikilla, pemilik toko ini menyebut, furnitur kayu asal Indonesia menjadi favorit. Terutama yang desainnya simpel, memadukan unsur Skandinavia dan keunikan budaya Indonesia. Kayu jati yang digunakan, yang berasal dari daur ulang atau bekas.

Baca juga : Ini Tantangan Pasarkan Mobil Listrik Di Indonesia Versi Nissan

Pada September 2021, KBRI Helsinki mengadakan Arts Classic, hasil kerja sama dengan Finnpartnership, untuk mempromosikan furnitur akar kayu jati Indonesia di Finlandia. Sejumlah UMKM asal Indonesia akan digandeng Pemerintah dan mengikuti pameran di Habitare, Finlandia.

Pemerintah mengharapkan, pameran ini dapat mendukung perbaikan kinerja ekspor nasional selama pandemik Covid-19. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.