Dark/Light Mode

Dukung UMKM

Menkeu Borong Sambal Via Online

Senin, 22 Februari 2021 07:37 WIB
Foto: Instagram Sri Mulyani
Foto: Instagram Sri Mulyani

 Sebelumnya 
Untuk tahun 2021, alokasi anggaran untuk mendukung UMKM dan pembiayaan korporasi senilai Rp 187,17 triliun. Ia menambahkan, usaha mem bangkitkan UMKM juga dilakukan melalui kegiatan ekonomi kreatif. Yakni, memadukan pengembangan destinasi wisata seperti Gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI).Kemudian, Pemerintah pun menggandeng Bank Indonesia (BI) berkolaborasi untuk pembayarannya. Sinergi dalam sistem pembayaran QRIS dari Bank Indonesia.

Baca juga : Dosen Mercu Buana Dorong Organisasi Kepemudaan Lahirkan Enterpreneur

Hal ini diharapkan bisa mempermudah konsumen melakukan transaksi pembelian produk Umkm dari mana saja. “Dengan berbagai fasilitas ini, saya berharap Pemerintah Daerah giat mendorong para pelaku usaha bergerak aktif, memanfaatkan momentum, dan kreatif dalam memasarkan produk-produknya,” tegasnya.

Baca juga : Peradi SAI Dukung Dino Bongkar Mafia Pertanahan

Ketua Asosiasi UMKM Indonesia, M Ikhsan Ingratubun mengakui, insentif yang diberikan selama ini oleh Pemerintah sangat membantu Umkm bangkit.

Baca juga : Tanpa Dukungan Masyarakat, PPKM Mikro Bisa Amburadul

Menurut Ikhsan, agar UMKM makin tancap gas, ada beberapa hal yang harus segera dipenuhi Pemerintah. Antara lain, memperbesar porsi penerima Bantuan Langsung Tunai atau Banpres produktif. Jika semula, bantuan diberi kan senilai Rp 2,4 juta kepada 12 juta pelaku UMKM. Tahun ini diharapkannya, penerima ditingkatkan menjadi 18 juta pelaku UMKM. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.