Dark/Light Mode

Pesawat Boeing 777-ER Banyak Dikandangin, Bagaimana Garuda?

Selasa, 23 Februari 2021 13:58 WIB
Pesawat Boeing 777-ER. (Foto: ist)
Pesawat Boeing 777-ER. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pesawat Boeing 777-ER lagi jadi sorotan. Hal ini terjadi karena banyak maskapai yang mengandangi pesawat Boeing tersebut menyusul insiden yang menimpa United Airlines.  

Pesawat United Airlines mengalami kerusakan mesin. Insiden terjadi saat pesawat lagi terbang dan tiba-tiba sebagian mesin terbakar dan putus. Akhirnya, pesawat kembali ke bandara. 

Bagaimana dengan Garuda? Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra memastikan, 10 armada Boeing 777-ER yang dioperasikan saat ini laik terbang. Hal itu berdasarkan ketentuan aircraft maintenance manual di bawah pengawasan Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Kementerian Perhubungan. 

Berita Terkait : Garuda Pastikan Armada B777-300ER Layak Terbang

Irfan menegaskan, armada Boeing 777-300ER yang dioperasikan maskapai pelat merah ini telah menjalani prosedur inspeksi kelayakan terbang sesuai manufaktur. Mantan Dirut PT INTI ini menjelaskan, jenis armada Boeing 777 Series yang Garuda operasikan saat ini tipe Boeing 777-300ER pada dasarnya memiliki spesifikasi mesin yang berbeda. Pesawat yang digunakan Garuda menggunakan mesin tipe GE90-115B buatan pabrikan General Electric (GE). 

Sebagai antisipasi, kata dia, Garuda juga telah menjalankan inspeksi khusus secara menyeluruh terhadap seluruh armada Boeing 777-300ER. “Dari prosedur inspeksi tersebut, seluruh komponen pesawat dalam kondisi serviceable dan laik terbang. Hasil inspeksi tersebut telah kami sampaikan kepada DKPPU," katanya dalam keterangan resmi, Rabu (23/2). 

Selain prosedur inspeksi secara menyeluruh, kata Irfan, Garuda juga menjalankan mekanisme perawatan secara berlapis dan end to end pada seluruh pesawat guna memastikan kondisi pesawat dalam kondisi yang prima ketika akan terbang. 

Berita Terkait : Kembalikan Pesawat Bombardier, Erick Didukung Karyawan Garuda

“Upaya menyeluruh dan berlapis kami terapkan dalam menjalankan prosedur inspeksi dan perawatan armada secara komprehensif,” bebernya.

Menurut dia, hal ini dilakukan untuk memastikan pesawat yang diterbangkan telah memenuhi standar kelaikudaraan sesuai regulasi yang berlaku. Selain itu untuk menghadirkan layangan penerbangan yang aman dan nyaman kepada pelanggan setia Garuda Indonesia.

Sejalan dengan komitmen menghadirkan layanan penerbangan yang aman dan nyaman, lanjut dia, Garuda Isenantiasa mengedepankan komitmen safety sebagai prioritas utama dalam seluruh lini operasionalnya. 

Berita Terkait : DPR Dukung Langkah Menteri BUMN Benahi Manajemen Garuda

Sebelumnya, banyak negara kandangin lusinan pesawat Boeing 777-ER. Selain United Airlines, ada juga maskapai Japan Airlines dan ANA Holding menangguhkan pesawat 777 dengan mesin PW 4.000. Serta Korean Airlines Co Ltd melarang Jet Boeing 777 dengan jenis mesin tertentu. 

Dari situs resmi Boeing, tercatat 67 maskapai dunia yang menggunakan pesawat tipe Boeing 777 milik pabrikan pesawat asal Amerika Serikat ini. [KPJ]