Dark/Light Mode

Senengnya Temukan Tanaman Varigata...

Jumat, 15 Januari 2021 05:08 WIB
Ngopi - Senengnya Temukan Tanaman Varigata...
Catatan :
Redaktur

RM.id  Rakyat Merdeka - Beberapa waktu lalu, saya hunting tanaman ke hutan lagi. Seperti biasa sebelum berangkat saya berharap menemukan tanaman varigata.

Varigata adalah tanaman dengan daun yang berwarna-warni selain warna hijau daun, seperti kuning atau putih. Daun warna-warni ini banyak dimiliki terutama oleh tanaman hias dan disebut sebagai varigata.

Berita Terkait : Kangen Dipanggil Mary Jane

Varigata atau Variegation berarti terdiri dari variasi beberapa warna. Penambahan kata variegata pada nama latin tanaman menandakan tanaman ini ditemukan di habitat aslinya dengan ciri varigata. Apabila tanaman ini hasil budidaya, penamaanya menambahkan kata Variegata.

Motivasi saya mempunyai tanaman varigata adalah karena memang ingin memiliki tanaman langka yang tidak semua orang punya. Kelangkaan yang disertai minat tinggi mengakibatkan tanaman varigata tersedia dengan harga yang sangat mahal.

Berita Terkait : Korban Ghosting

Gayung bersambut, ketika di hutan saya menemukan tanaman sente varigata. Senengnya nggak kepalang, saya cium-cium itu tanaman. “Alhamdulillah akhirnya saya mendapatkan tanaman varigata yang secara alami bermutasi,” ujar saya dalam hati.

Untuk diketahui, tanaman varigata tidak efisien dalam penyerapan energi matahari untuk berfotosintesis dibandingkan dengan tanaman yang memiliki daun berwarna hijau secara keseluruhan.

Berita Terkait : Dinasehatin Agar Sering Ngantor

Artinya tanaman varigata mempunyai kelemahan. Namun ternyata yang menjadi kelemahan dalam satu sisi dapat menjadi kelebihan.

Dengan adanya corak dan variasi warna, menyebabkan tanaman varigata mudah berkamuflase. Kemampuan kamuflase ini yang menyebabkan tanaman varigata akan terhindar dari bahaya dimakan oleh hewan pemakan tanaman. Lolos dari seleksi alam ini yang menyebabkan tanaman varigata bisa secara alami bertahan di habitat aslinya. [Hendrawan K. Wijaya/Wartawan Rakyat Merdeka]